Breaking News:

Dishub Jabar Antisipasi Pergerakan Mudik Dini, Siapkan 338 Titik Penyekatan

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat berupaya mengantisipasi pemudik dini Lebaran Tahun 2021 di wilayah Jawa Barat.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat berupaya mengantisipasi pemudik dini Lebaran Tahun 2021 di wilayah Jawa Barat. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat berupaya mengantisipasi pemudik dini Lebaran Tahun 2021 di wilayah Jawa Barat.

"Sampai saat ini Pak Menhub belum mengeluarkan kebijakan terkait Permenhub, juknis larangan mudik seperti apa. Itu belum dikeluarkan. Kami dari Dishub Jabar malah sedang memikirkan tentang mudik dini ini bisa diantisapsi," kata Kabid Perhubungan Transportasi Darat Dinas Perhubungan Jawa Barat, Iskandar, dalam diskusi Forum Diskusi Wartawan Bandung di Kamis (8/4/2021).

Iskandar mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Jawa Barat ialah memaksimalkan sosialiasi tentang larangan mudik Lebaran 2021 sebelum kebijakan tersebut ditetapkan.

"Jadi memang pelarangan mudik itu dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 sehingga sebelum itu ditetapkan kami sudah turun ke lapangan mensosialiasikan tentang larangan mudik. Jadi kekuatannya di sosialiasi ini untuk pencegahan pemudik dini ini," kata Iskandar.

Ia mengatakan larangan mudik Lebaran 2021 ini bukan saja hanya untuk angkutan umum namun juga untuk kendaraan pribadi.

Iskandar berharap masyarakat bisa mematuhi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait larangan mudik Lebaran 2021 karena hal tersebut untuk mengendalikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Permudah Sediakan Info Lowongan Kerja di Jabar, Disnakertrans Jabar Luncurkan jabarjawara.id

"Untuk itu pemerintah kita merencanakan larangan mudik dan kita dari pemda tegak lurus sama pusat dan kita siap melaksanakan larangan mudik ini," kata Iskandar.

Sementara itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) meminta pemerintah pusat untuk merivisi kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk melarang kegiatan mudik pada Lebaran 2021.

"Kami mohon dengan segala hormat, semoga melalui diskusi ini mudah-mudahan suara kami didengar oleh pemerintah pusat. Kami berharap ditinjau ulang soal larangan mudik ini," kata Ketua DPD Organda Jawa Barat Dida Suprinda.

Baca juga: Jelang Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Robert Alberts Puji Lawannya Punya Stamina Bagus

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved