Breaking News:

Gempa Bumi

Cara Warga Jepang Antisipasi Terjadinya Gempa Bumi, Siapkan Perbekalan Buat 2 Minggu, Ini Daftarnya

Gempa bumi di Jepang belakangan ini membuat warga semakin berjaga-jaga dan siap dengan tas darurat yang berisi kebutuhan sehari-hari selama dua minggu

Tribunnews.com/Richard Susilo
Gempa bumi di Miyagi, Sabtu (20/3/2021) jam 18.10 waktu Jepang berkekuatan Magnitude 7,2 getaran 5+. 

TRIBUNJABAR.ID - Sering terjadinya gempa bumi di Jepang belakangan ini membuat warga semakin berjaga-jaga dan siap dengan tas darurat yang berisi kebutuhan sehari-hari selama dua minggu.

Itu juga yang diajarkan pemerintah Jepang kepada masyarakatnya.

"Saya bahkan mengumpulkan sekitar 80 jenis barang ke dalam tas emergency untuk kabur sewaktu-waktu kalau terjadi gempa dan merusak rumah saya," papar Rei Maruyama, komedian Jepang, Minggu (21/3/2021).

Yang paling penting untuk dimasukkan ke dalam tas darurat itu menurutnya selain identitas diri dan buku bank Kartu ATM, juga foto keluarga.

"Kalau kita meninggal karena bencana alam, orang lain menemukan tas kita bisa segera menghubungi keluarga yang lain nantinya," kata dia.

Dari sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini, ternyata 50 persen warga Jepang telah siap dengan tas darurat yang berisi kebutuhan darurat termasuk makanan.

Lalu 39 persen menyatakan tidak menyiapkan dan sisanya 11 persen tidak menjawab survei.

Selain makanan dan minuman darurat, bahan bakar dan kaset konro (kompor kecil dengan tabung gas pembakar kecil) biasanya juga telah disiapkan warga Jepang supaya bisa memasak di mana pun saat mengungsi.

Demikian pula panduan lain meminta warga Jepang mengisi penuh tanki bensin mobil.

Tak lupa bak mandi selalu terisi penuh agar saat darurat bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

Halaman
12
Editor: Widia Lestari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved