Breaking News:

Pegunungan Sanggabuana Punya 'Harta' yang Harus Dijaga,Dedi Mulyadi Akan Dorong jadi Kawasan Lindung

Dedi mengakui, terlebih kawasan hutan pegunungan Sanggabuana menyimpan flora dan fauna yang harus dijaga kelestariannya.

Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Dedi Mulyadi (50) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengaku bakal mendorong sebagian wilayah Pegunungan Sanggabuana menjadi kawasan lindung.

Pegunungan yang meliputi wilayah Karawang, Purwakarta, Cianjur, dan Bogor itu merupakan hutan gunung satu-satunya di wilayah pantura Jawa Barat sebagai generator hidrologi untuk wilayah pantura.

"Nanti akan kita dorong melalui KLHK. Syaratnya nanti harus ada pengajuan dari Pemerintah Daerah," kata Dedi kepada Tribun Jabar, Rabu (7/4/2021).

Dedi mengakui, terlebih kawasan hutan pegunungan Sanggabuana menyimpan flora dan fauna yang harus dijaga kelestariannya.

"Saya akan dorong juga KLHK seperti apa. Jadi kalau ada yang punya data, tolong sampaikan," katanya.

Sebelumnya seorang Wildlife Photographers Bernard T. Wahyu Wiryanta pernah melakukan dua kali pendataan fauna di Pegunungan Sanggabuana.

Baca juga: Menjelang Tengah Malam, LP Ciamis Dirazia Tim Gabungan, Ini yang Ditemukan di Kamar Napi

Pada Juli Tahun 2020, Bernard telah melakukan ekspedisi Sanggabuana, dia juga merilis beberapa satwa endemik yang langka yang tertangkap kameranya, seperti elang jawa (Nisaetus bartelsi), owa jawa (Hylobates moloch), surili (Presbystis comata), lutung jawa (Trachypithecus auratus), sigung jawa (Mydaus jawanensis), dan juga macan kumbang (Panthera pardus melas).

Lalu Bernard bersama tim BDB Indonesia melakukan pendataan sebaran burung di Pegunungan Sanggabuana dilakukan pada 27 Maret 2021 hingga 2 April 2021.

Di sana ia berhasil memotret burung alap-alap capung yang merupakan alap-alap terkecil dunia.

Selain itu, Bernard juga berhasil mendata sejumlah burung lain di Pegunungan Sanggabuana diantaranya elang jawa, elang bido, elang brontok, alap alap jambul, burung bubut jawa, ayam hutan, puyuh gonggong, dan punai gading, srigunting abu, kadalan birah dan kirik-kirik senja.

Baca juga: KECELAKAAN MAUT Sore Tadi, Perempuan Pengendara Motor Vario Tewas Tergilas Truk, Luka Parah

Penulis: Cikwan Suwandi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved