Breaking News:

Headline Tribun Jabar

Headline Tribun Jabar Hari Ini, 13 Orang Diputus Mati, Dalam Sehari di PN Cibadak, Sukabumi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Majelis hakim menjatuhkan hukuman mati pada 13 dari 14 terdakwa yang mereka sidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Cibadak

Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Cibadak Kelas I B memvonis hukuman mati kepada 13 terdakwa kasus narkotika jenis sabu yang diungkap di Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Majelis hakim menjatuhkan hukuman mati pada 13 dari 14 terdakwa yang mereka sidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Cibadak Kelas I B, Sukabumi, Selasa (6/4).

Ini menjadi hukuman mati terbanyak dalam sejarah yang pernah diputuskan majelis hakim pada satu persidangan untuk kasus yang sama pada hari yang sama di Tanah Air.

Para terdakwa dinyatakan terbukti terlibat peredaran narkotika dengan barang bukti sabu-sabu seberat empat kuintal lebih seniai hampir setengat triliun rupiah, Juni tahun lalu.

Ke-13 terdakwa yang dijatuhi hukuman mati dinyatakan terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 tentang narkotika dan Pasal 4 Jo 10 UU tindak pidana pencucian uang. Adapun satu lainnya tidak terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 tentang narkotika.

"Namun, ia kena dalam pasal pencucian uang dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara," ujar Humas PN Cibadak, Muhammad Zulqarnain, kepada wartawan seusai persidangan, semalam.

Zulqarnain mengatakan, sidang kasus narkotika yang dipimpin hakim ketua, Aslan Aini, ini juga dihadiri hakim anggota, M. Zulqarnain, Rays Hidayat, Agustinus, dan Lisa Fatmasari.

Empat dari 13 yang dihukum mati, kata Zulqarnain, adalah warga negara asing. Dua di antaranya, Mahmoud dan Atefeh, terbukti melanggar Pasal 114 ayat 2 Undang-undang Narkotika, dan Pasal 3 Jo 10 undang-undang tentang tindak pidana pencucian uang.

"Sementara dua WNA lainnya, Husen dan Samiullah, hanya terbukti melanggar pasal 114 ayat 2, yakni pemufakatan jahat, menjadi perantara jual-beli narkotika golongan sabu yang beratnya melebihi 5 gram sebagaimana dakwaan primer."

Zulqarnain mengatakan, sembilan WNI yang juga mendapat putusan hukuman mati, semalam, hanya berperan sebagai kurir dan koordinator.

"Namun, mereka juga dinyatakan terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 undang-undang tentang narkotika," ujar Zulqarnain.

Halaman
12
Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved