Breaking News:

Longsor di Kabupaten Bandung

Lokasi Galian C Tanpa Izin yang Longsor Ternyata Pernah Dilingkari Garis Polisi

Galian C tanpa izin longsor di perbatasan Desa Sadu dan Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

TribunJabar.id/Lutfi AM
Galian C yang longsor di perbatasan Desa Sadu dan Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (6/4/2021) dini hari. Longsor mengancam permukiman warga yang ada di bawahnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Galian C tanpa izin yang longsor di perbatasan Desa Sadu dan Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, pernah dilingkari garis  polisi.

Menurut Babinkantibmas Polsek Soreang, Aipda Wahyu Gofar, galian C di perbatasan Desa Sadu dengan Sukajadi, sebenarnya ini tidak berizin. 

"Sebagai Babinkamtibmas serta aparat dari Babainsa Koramil, beberapa kali, kami sudah mengimbau jangan mengeksploitasi batu dan tanah tersebut tanpa izin," ujar Wahyu di dekat lahan yang longsor, Selasa (6/4/2021).

Lokasi galian batu yang longsor tersebut ada di atas permukiman warga.

Memang longsor itu tak menimbun rumah warga, namun beberapa rumah terancam longsor susulan. "Kami sudah mengimbau, berikut dengan pupuhu (sesepuh masyarakat) di sini Pak Haji Iwan juga  protes," kata Wahyu.

Baca juga: BREAKING NEWS Warga Sadu Soreang Waswas, Galian C Longsor, Satu Kampung Terancam Tertimbun

Baca juga: Dinas Pertanian Majalengka Jamin Stok Pupuk Subsidi Jelang Musim Tanam Kedua

Ia menyebut lokasi penambangan itu pernah dilingkari garis polisi. "Ini milik perorangan, pemilik belum jelas karena penambangannya belum berizin," ujarnya.

Menurut seorang warga yang rumahnya hampir tertimbun longsor, Eza Ardiyansyah (24), longsor tersebut terjadi sekitar pukul 04.00.

"Awalnya ada suara kecil, beberapa kali, sampai yang ke empat kedengaran keras sekali," ujar Eza, saat ditemui di dekat longsoran, saat siang hari.

Eza mengaku sempat panik sebab saat itu sedang begadang setelah pulang kerja. "Saya sempat panik, meninggalkan rumah, karena khawatir ada longsor susulan," kata Eza.

Longsoran tanah galian C tersebut cukup tinggi dan lebar. 

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved