Breaking News:

Daniel Dhakidae Tutup Usia, Mantan Kepala Litbang Kompas Sekaligus Akademisi

Selama ini, Daniel Dhakidae dikenal sebagai akademisi yang mendalami studi media dan demokrasi, terutama terkait kekuasaan.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Akademisi dan mantan Kepala Litbang Kompas Daniel Dhakidae 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Daniel Dhakidae, mantan Kepala Litbang Kompas yang juga dikenal sebagai akademisi, meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) dini hari.

I meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung. Pada Selasa sekira pukul 03.00 WIB, Daniel Dhakidae dilarikan ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center, Jakarta Selatan.

"Ya, benar," kata Wakil Pemimpin Umum Kompas, Budiman Tanuredjo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

Pada pukul 07.24 WIB, Daniel Dhakidae mengembuskan napas terakhir. Jenazah rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

Baca juga: Kubu Moeldoko Minta SBY Bikin Partai Baru, Demokrat: Gerombolan KLB Terpapar Virus Halusinasi

Baca juga: Bangkai Kapal Dampak Gempa dan Tsunami 10 Tahun Lalu Mulai Ditata Pemerintah Jepang

Kepergian Daniel Dhakidae merupakan kehilangan besar bagi media massa dan kalangan akademisi.  Selama ini, Daniel dikenal sebagai akademisi yang mendalami studi media dan demokrasi, terutama terkait kekuasaan.

Dia mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Administrasi Negara dari Fakultas Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (1975), kemudian meraih Master of Arts bidang Ilmu Politik dari Cornell University (1987).

Di Kompas, Daniel Dhakidae menjabat sebagai Kepala Litbang sejak 1994 sampai 2006. "Setelah pensiun, dia (Daniel Dhakidae) menjabat Kepala Ombudsman Kompas," ujar Budiman. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Kepala Litbang Kompas dan Akademisi Daniel Dhakidae Tutup Usia"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved