Breaking News:

Liga 3

PSGC Ciamis Segera Bersiap Menghadapi Liga 3, Target Kembali ke Liga 2

PSGC Ciamis sempat berjaya di Liga 2 dan nyaris lolos ke Liga 1 sampai pernah tampil di Piala Presiden.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Suasana ulang tahun satu dekade Balad Galuh, pendukung militan PSGC Ciamis, di Taman Qitri Kwarcab Pramuka Ciamis, Minggu (4/4) sore 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Piala Menpora yang lancar dan kondusif juga membawa angin segar bagi klub Liga 3, termasuk PSGC Ciamis untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi.

“Begitu Liga 1 digelar merupakan angin segar bagi Liga 2 dan Liga 3. Kalau  Liga 1 sudah ada tanda-tanda akan bergulir, tidak ada alasan bagi PSGC untuk tidak mempersiapkan tim,” ujar CEO PSGC Ciamis, Herdiat Sunarya, kepada Tribun Jabar setelah menghadiri peringatan 10 tahun 1 Balad Galuh Minggu (4/4) sore.

Peringatan ulang tahun dekade komunitas suporter pendukung PSGC Ciamis itu berlangsung di Taman Qitri Kwarcab Pramuka Ciamis yang dihadiri juga Wabup Yana D Putra, Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana SH, Ketua Askab PSSI Ciamis Heri Rafni Kotari, dan sejumlah pejabat serta para suporter yang tergabung dalam Balad Galuh.

Sebenarnya, menurut Herdiat Sunarya, PSGC Ciamis sudah merekrut 25 pemain pada musim Liga 2020 lalu. “Tapi Liga 3-nya batal dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Padahal tahun 2020, PSGC sudah menargetkan kembali ke Liga 2,” katanya.

Lantaran Liga 3 tahun 2020 gagal digelar, 25 pemain yang sudah terlanjur direkrut dan mengikuti latihan serta laga uji coba, ucapnya, terpaksa dipulangkan. “Sekarang bisa dipanggil kembali, kecuali yang usianya sudah melewati ketentuan,” ucap Herdiat Sunarya yang juga Bupati Ciamis tersebut.

Baca juga: PSS Sleman vs Persebaya Surabaya - Menunggu Calon Lawan Persib Bandung di Babak 8 Besar

Baca juga: Barcelona vs Real Valladolid Live Bein Sports - Lionel Messi dkk Berpeluang Menempel Atletico

Ia mengaku sudah rindu dengan suasana penuh sesak penonton di Stadion Galuh Ciamis menyaksikan laga-laga sepak bola, termasuk penampilan tim kesayangan warga Tatar Galuh, PSGC Ciamis.

“Rindu penonton berdesak-desakan di stadion menyaksikan PSGC berlaga. Duduk di tribun nyaris tak berjarak, tetapi setahun tidak ada pertandingan, namun stadion tetap terawat. Rumputnya tetap terawat,” kata Herdiat Sunarya.

PSGC sempat berjaya di Liga 2 dan nyaris lolos ke Liga 1 sampai pernah tampil di Piala Presiden.

“Sebelum menjadi bupati, saya punya waktu menangani langsung PSGC. Setelah jadi bupati, saya milik semua cabor (cabang olahraga). Itu alasan sederhananya. Intinya sebelum  jadi bupati ada uangnya, tapi setelah jadi bupati tidak ada uang,” ujar Herdiat Sunarya sembari tertawa.

Sebenarnya sebagai klub Liga 3, PSGC berhak mendapatkan dana bantuan dari APBD. “Beda dengan klub Liga 2 apalagi Liga 1 yang profesional. Klub Liga 3 adalah tim amatir yang aturannya berhak mendapat bantuan (keuangan) dari APBD, tapi di Ciamis sampai saat ini belum dianggarkan,” katanya.

Meskipun demikian, sebagai CEO PSGC, Herdiat Sunarya mengaku segera mempersiapkan tim untuk menghadapi Liga 3 tahun 2021 ini begitu Liga 1 bergulir usia pra kompetisi Piala Menpora. “

Targetnya sudah jelas kembali ke Liga 2,” kata Herdiat yang pada kegiatan Aniversary 1 Dekade “Balad Galuh” tersebut menyerahkan santunan dan sembako untuk anak yatim.

Acara HUT 10 tahun Balad Galuh tersebut ditutup dengan potong tumpeng.  Herdiat menyuapkan potongan tumpeng itu kepada seorang anak yatim.

Panglima/Ketua Umum Balad Galuh, Dian Gojin, mengatakan para suporter militan akan tetap mendukung PSGC Ciamis di liga mana pun berlaga. “Mau di Liga 3, di Liga 2, apalagi di Liga 1 Balad Galuh tetap setia mendukung PSGC Ciamis,” kata Dian Gojin

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved