Breaking News:

Kejar Target, Guru di Sumedang Didorong Harus Siap Disuntik Vaksin Dosis Kedua saat Ramadan

Sebelum memasuki Ramadan, guru yang akan disuntik vaksin itu dipastikan baru mendapatkan dosis yang pertama.

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
ILUSTRASI - Percobaan belajar tatap muka di SMA 4 Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mendorong semua guru untuk siap disuntik vaksin Covid-19 dengan dosis kedua saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan nanti.

Hal tersebut demi mengejar target supaya 14.577 guru di Kabupaten Sumedang semuanya sudah disuntik vaksin sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendaliaan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Reny K Anton, mengatakan, sebelum memasuki Ramadan, guru yang akan disuntik vaksin itu dipastikan baru mendapatkan dosis yang pertama.

"Berarti untuk penyuntikan dosis kedua ada pada saat bulan puasa. Jadi, kami ingin memastikan setiap guru itu siap dan mau disuntik vaksin saat bulan puasa," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di Asia Plaza Sumedang, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, jika guru banyak yang menolak disuntik vaksin Covid-19 karena alasan lagi berpuasa dan khawatir terjadi Kejadian Ikut Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius, maka akan menjadi kerugian bagi Dinas Kesehatan.

"Kalau suntik vaksin dosis kedua tidak sesuai dengan SOP waktu, otomatis itu kerugian bagi kami karena ada drop out disana, jadinya akan cakra merah untuk kita," kata Reny.

Baca juga: Gunung Gede Pangrango Sudah DIBUKA untuk Pendakian Masyarakat Umum,

Atas hal itu, pihaknya meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Ketua PGRI di setiap kecamatan untuk memastikan agar semua guru siap untuk disuntik vaksin Covid-19 saat bulan Ramadan.

"Jadi, terkait target vaksin selesai pada bulan Juli, tergantung kesiapan dari mereka, kalau kami tetap siap selama stok vaksin masih aman," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, semua guru di Kabupaten Sumedang harus sudah disuntik vaksin Covid-19 sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka yang akan digelar mulai Juli 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin, mengatakan, agar semua guru bisa divaksin Covid-19 sebelum KBM tatap muka, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Baca juga: Motor Wanita Ini Digasak Pria yang Baru Dikenalnya lewat Aplikasi, Aksi Maling Terekam CCTV

"Diusahakan 100 persen guru sudah divaksin Covid-19, kami selama dua hari kemarin sudah berembug dengan Dinas Kesehatan," ujar Agus saat ditemui di kantornya, Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan, pihaknya sudah meminta Dinas Kesehatan agar melakukan akselerasi vaksinasi terhadap guru yang akan mengajar pada KBM tatap muka nanti.

"Kemarin sudah ditindaklanjuti secara teknis, dan sudah kami bicarakan. Kami juga bekerjasama dengan PGRI di setiap kecamatan," katanya.

Baca juga: BREAKING NEWS Camat dan Sekcam di Subang Meninggal Dunia akibat Covid, Padahal Sudah Divaksin

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved