Breaking News:

Tebar Sejuta Benih Ikan di Ciamis, Dimulai dari Situ Panjalu, Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19

Satu upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi ini yakni melalui peningkatan usaha  sesuai potensi masing-masing desa.

istimewa
Tebar Sejuta Benih Ikan di Ciamis, Dimulai dari Situ Panjalu, Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Satu upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi ini yakni melalui peningkatan usaha  sesuai potensi masing-masing desa. Termasuk melalui budidaya perikanan.

Di Ciamis ada sekitar 1 juta ekor benih ikan akan dibagikan kepada masyarakat termasuk kepada kelompok budidaya perikanan.

Dan secara simbolis ditandai dengan pelepasan benih ikan di Nusa Pakel Situ Lengkong Panjalu oleh Wabup Ciamis Yana D Putra pada kegiatan road show Apdesi Ciamis di Desa Panjalu, Sabtu (3/4) siang.

Pada kesempatan tersebut Wabup Yana D Putra didampingi Ketua Apdesi Ciamis Yoyo Wahyono, Camat Panjalu H Dede Suparman dan pejabat lainya melepas ribun ekor benih ikan ke perairan Situ Panjalu.

Ada 1.500 ekor benih ikan koi, 3.000 ekor ikan nila dan 3.000 ekor ikan kancra yang di lepas ke Situ Panjalu pada kegiatan tersebut.

Baca juga: Tabrakan Kapal di Perairan Indramayu 17 ABK Masih Hilang, Tim SAR Lakukan Penyelaman

“Targetnya 1 juta ekor benih ikan akan dibagikan kepada peternak ikan yang tersebar di 258 desa di Ciamis. Ini salah satu upaya pemulihan ekonomi masa pandemi yang dibiayai Dana Desa. Berikut upaya-upaya lain selain budidaya perikanan,” ujar Sekretaris Apdesi Ciamis, Moh Abdul Haris kepada Tribun, Sabtu (3/4).

Road Show Apdesi Ciamis ini menurut Haris dalam rangkaian menggali potensi desa serta mengeksposenya di hadapan pembuat kebijakan dari dinas berwewenang. Serta langkah pengembangan yang mungkin ditempuh. Berikut urun rembug pemikiran.

Pada road show perdana Apdesi Ciamis di Nusa Pekel Situs Panjalu  yang dihadiri perwakilan Apdesi dari 27 kecamatan di Ciamis Sabtu (3/4) siang tersebut Kades Panjalu, Yuyus Surya Adinegara berkesempatan memaparkan tentang potensi Desa Panjalu yang mungkin dikembangkan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menurut Yuyus, pemberdayaan ekonomi masyarakat salah satunya dengan pemanfaatan potensi wisata Situ Panjalu. Tidak hanya menjadi tujuan wisata ziarah.

Baca juga: Surya Saputra Percaya Tak Percaya Ikatan Cinta Raih Rekor MURI, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat

Tetapi pengembangan potensi lainnya seperti lewat pembangunan joging track sekeliling Situ Panjalu. Memberi keleluasan untuk gowes atau berjalan kaki keliling Situs Panjalu sekaligus mengantisipasi pendangkalan dan penyempitan luas Situ Panjalu.

Mendirikan spot-spot untuk foto selfie, memperluas areal kuliner, menyediakan camping ground, arena rekreasi termasuk main kayak serta wahana lainnya.

Serta pemanfaatan potensi tiga nusa  (pula kecil) yang ada di Situ Lengkong Panjalu yang punya luas perairan sekitar 70 hektare dan kedalaman air mencapai 6 meter tersebut. Yakni Nusa Gede (nusa larangan) serta Nusa Pakel

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved