Breaking News:

Disdik Jabar Bersiap Sekolah Tatap Muka SMA di Jabar, Dimungkinkan Belajar di Ruang Terbuka

Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
ilustrasi, Disdik Jabar Bersiap Sekolah Tatap Muka SMA di Jabar, Dimungkinkan Belajar di Ruang Terbuka 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 telah ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, Maret lalu.

Pemerintah menyatakan pada tahun ajaran baru Juli 2021, sudah dapat dilakukan dengan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Dinas Pendidikan Provinsi Jabar pun telah mempersiapkan PTM terbatas dengan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sendiri membawahi 4.966 sekolah, mulai dari tingkat SMA, SMK, SLB negeri maupun swasta.

Baca juga: Gudang Rongsok di Sidamulih Pangandaran Terbakar, Kerugian Rp 1 Miliar, akibat Korsleting Listrik

Dari angka tersebut, hanya 2.200 sekolah yang menyatakan siap melakukan PTM dan kembali ditinjau Disdik Jabar.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi, mengatakan pihaknya sudah mengkategorikan klaster sekolah berdasarkan kriteria dan lokasi.

Misalnya, berdasarkan angka kasus positif Covid-19, angka kepadatan penduduk per sekolah, termasuk kondisi sinyal internet di lokasi.

"Sekitar 2.200 yang mengajukan, untuk saat ini kalau kita lihat dengan pengkategorian klaster, ada sekitar 383 kecamatan, yang dikategorikan aman untuk pembelajaran," ucap Dedi Supandi, Minggu (4/4).

Simulasi PTM pun, kata Dedi, sudah dilakukan dengan tujuan menjamin keamanan di kelas. Di antaranya mengenai pengaturan jarak pada saat pembelajaran tatap muka yang mewajibkan penjarakan antarpeserta didik sejauh 1,5 meter. 

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved