Breaking News:

Hotel Bintang Diminta Bisa Berikan Tempat Bagi Produk UMKM untuk Perluas Akses Pasar

MenkopUKM Teten Masduki berharap semua hotel berbintang bisa memberikan tempat bagi produk UMKM untuk memperluas akses pasar.

istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa ketika produk UMKM bisa masuk ke hotel berbintang, itu merupakan suatu proses mendorong produk UMKM naik kelas.

"Ini juga bagus untuk membranding produk UMKM. Dan membuktikan bahwa kualitas produk UMKM tidak jelek. Apalagi kalau melihat kualitas dari produk artisan, maka brand besar pun kalah," tandas Teten, pada acara penandatanganan MoU Smesco Indonesia dengan The Papandayan Hotel (Media Group), di Kota Bandung, Jumat (2/4).

Teten berharap semua hotel berbintang bisa memberikan tempat bagi produk UMKM untuk memperluas akses pasar.

"Bila seperti itu, saya meyakini produk UMKM semakin diterima pasar," imbuh MenkopUKM.

Baca juga: Ikut Bela Negara Dengan Belanja Produk UMKM, Yuk Belanja di Event Gernas BBI dan BWI di TSM Bandung

Menurut Teten, penandatangan MoU ini sebagai bentuk nyata niatan baik untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangkitkan serta memperkuat UKM unggulan, khususnya melalui pemasaran produk-produk UKM lokal yang telah terkurasi.

"Upaya memperjuangkan UMKM sejatinya adalah upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Itulah sebabnya kenapa bentuk kerjasama seperti ini sangat krusial. Karena, berjuang untuk UMKM Indonesia membutuhkan sinergi dari kita semua," Kata MenkopUKM.

Bahkan, Teten meyakini, MoU ini akan dapat mendorong kualitas serta kuantitas produk UKM di Indonesia agar dapat mengakses pasar yang lebih besar dan lebih baik lagi.

Baca juga: Dukung Pengentasan Kemiskinan, LPNU Siap Ambil Peran dan Kerjasama dengan Pemerintah

"Tentu saja, dengan memasukkan produk-produk UKM ke dalam ekosistem hotel berbintang, tidak hanya untuk dipamerkan atau didisplay saja, tetapi dengan dipakai langsung, akan sangat membantu UKM," kata MenkopUKM.

Setidaknya, lanjut Teten, ada dua dampak. Yaitu, produk UMKM dibeli dan dipakai oleh Hotel Papandayan, dan Papandayan sebagai kanal pemasaran offline untuk produk UKM, terutama bagi para tamunya. "Apabila skema seperti ini bisa diduplikasi oleh semua hotel berbintang di Bandung, dampaknya akan lebih dahsyat," kata Teten.

MenkopUKM juga meyakini, Hotel Papandayan pasti bersedia menjadi percontohan bagi hotel-hotel lainnya untuk segera berpartisipasi dalam skema yang sama.

Baca juga: Makin Mudah Tahu Jadwal Imsakiah, Hingga Doa-doa Melalui Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan Berikut Ini

"Saya turut mengapresiasi Smesco yang telah bergerak cepat untuk menangkap peluang ini, dan agar terus memperluas jaringan pemasaran produk-produk UKM lokal unggulan kita," kata Teten.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib menegaskan, langkah MoU ini untuk dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kami ingin menjadikan produk UMKM Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Mirdal.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved