Breaking News:

Misa Paskah 2021 di Katedral Bandung Dibatasi, Jemaat Kurang dari 30 persen Kapasitas

Jumlah jemaat yang menghadiri misa secara langsung di gereja pun diseleksi terlebih dahulu dan harus mendaftar secara online.

muhamad syarif abdussalam/tribun jabar
Suasana menjelang misa Paskah 2021 di Gereja Katedral Bandung, Jumat (2/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rangkaian kegiatan Pekan Suci 2021 di Gereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung, dilaksanakan dengan pengamanan yang ketat dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Jumlah jemaat yang menghadiri misa secara langsung di gereja pun diseleksi terlebih dahulu dan harus mendaftar secara online.

Ketua Seksi Komsos Gereja Katedral Santo Petrus, Ceacilia Amanda, mengatakan kegiatan ini dipersiapkan oleh panitia selama satu bulan terakhir. Persiapan lebih difokuskan pada sistem registrasi dan protokol kesehatan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap umat yang hadir. 

Setiap perayaan misa, katanya, akan disiarkan secara live streaming virtual untuk memfasilitasi umat yang tidak dapat hadir atau kehabisan kuota saat pendaftaran dan tatap muka. 

Ceacilia mengatakan jumlah jemaat dibatasi hanya 230 orang setiap perayaan misa. Padahal kapasitas gereja bisa menampung sampai 1.500 orang dalam sekali misa, dan biasanya diselenggarakan empat kali misa dalam sehari.

"Pada situasi normal, kapasitas Gereja Katedral Bandung, plasa dan aula, dapat menampung sekitar 1.500 umat. Namun sejak pelaksanaan perayaan misa dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, jumlah umat yang dapat hadir hanya 230 orang, kurang dari 30 persen kapasitas gereja," kata Ceacilia saat ditemui di Gereja Katedral Bandung, Jumat (2/4).

Pada perayaan Pekan Suci tahun ini, katanya, pihak gereja tidak memasang tenda di halaman gereja seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Umat yang akan mengikuti perayaan misa diwajibkan mendaftarkan diri melalui link registrasi.katedralbandung.org. 

"Bukti pendaftaran yaitu QR Code akan discan oleh petugas dan umat wajib menunjukkan kartu identitas diri. Juga ada batasan umur 13-60 tahun, dan jemaat yang datang harus dalam kondisi sehat," tuturnya.

Pihak gereja telah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung, Polsek Sumur Bandung, dan seluruh aparat keamanan yang terkait untuk menciptakan situasi yang kondusif selama Pekan Suci.

Pada Kamis Putih 1 April 2021, katanya, Misa 1 dilakukan pukul 17.00, Misa 2 pukul 19.30 WIB. Jumat Agung pada 2 April 2021, Misa 1 dilaksanakan pukul 15.00 WIB dan Misa 2 dilaksanakan pukul 18.00 WIB.

Malam Paskah atau Vigili Paskah pada 3 April 2021, dilaksanakan melalui Misa 1 pukul 17.00 WIB dan Misa 2 pukul 19.30 WIB. Pada Hari Raya Paskah 4 April 2021, dilaksanakan Misa 1 pukul 06.00 WIB, Misa 2 pukul 09.00 WIB, Misa 3 pukul 12.00 WIB, dan Misa 4 pukul 17.00 WIB.

"Mari kita tetap waspada, menjaga kesehatan masing-masing dan saling memberi rasa aman dan nyaman bagi semua. Kita berdoa semoga penyebaran Covid-19 dapat segera teratasi sehingga kehidupan dan aktivitas bisa berjalan kembali dengan baik," katanya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved