Breaking News:

Ketua KPK ke Lapas Sukamiskin: Misalnya Pak Uu Kedatangan Tamu, Simpan Tas Isinya Uang . . .

Dalam sambutannya, Firli Bahuri membahas soal perjalanan perbuatan korupsi‎ dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Tipikor.

Tribun Jabar
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan penyuluhan antikorupsi di Lapas Sukamiskin di Jalan AH Nasution Bandung, Rabu (31/3/2021), tapi tak ada pejabat negara yang hadir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi Lapas Sukamiskin Bandung di Jalan AH Nasution, memberikan penyuluhan soal korupsi bagi warga binaan dan pegawai.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Kepala Kejati Jabar Ade Adhyaksa turut hadir.

Firli menyampaikan sambutan dalam kunjunganya itu.

Baca juga: Begini Kata Pantan Pemain Persib Bandung Ini soal Ezra Walian, Ferdinand Sinaga, dan Farshad Noor

Baca juga: 2000-an Warga Terdampak Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, 714 Orang Mengungsi di GOR Bumi Patra

Dalam sambutannya, Firli membahas soal perjalanan perbuatan korupsi‎ dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Tipikor.

Di undang-undang itu, kata Firli, perbuatan korupsi hanya mengatur soal perbuatan menyalahgunakan kekuasaan, perbuatan melawan hukum yang merugikan negara.

"Tapi setelah ada Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor yang diubah di Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, perbuatan korupsi meluas jadi 7 jenis dan 30 rupa korupsi," ucap Firli.

Salah satunya, ‎soal pemberian dan penerimaan suap yang diatur di Pasal 5, Pasal 11, dan Pasal 12 beserta turunannya.

"Ini yang tidak dipahami penyelenggara negara atau pura-pura tidak paham. Anda menerima hadiah atau janji untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, itu yang banyak menjerat pejabat negara. Itu diatur di Pasal 5, Pasal 12," ucap Firli.

Bahkan dalam Pasal 11 itu, kata Firli, penerima tidak perlu atau atau tidak perlu berbuat, yang penting penerima punya kewen‎angan.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved