Breaking News:

Aa Gym Cabut Gugat Cerai

Aa Gym Cabut Gugat Cerai, Toto: Talak Sah Jika Disampaikan di Hadapan Majelis Hakim Pengadilan Agama

Aa Gym telah mencabut gugatan talak cerai kepada istrinya, Ninih Muthmainnah, di Pengadilan Negeri Agama Kelas IA Kota Bandung, Rabu (31/3/2021).

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
Istimewa
Aa Gym dan Teh Ninih. Dalam aturan KHI dijelaskan bahwa jatuhnya talak dapat dianggap sah apabila disampaikan atau dilakukan di depan majelis hakim. 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dai kondang KH Abdullah Gymnastiar, atau yang akrab dengan nama Aa Gym, telah mencabut gugatan talak cerai kepada istrinya, Ninih Muthmainnah, atau lebih dikenal dengan Teh Ninih, di Pengadilan Negeri Agama Kelas IA Kota Bandung, Rabu (31/3/2021).

Meski demikian, menurut kuasa hukum Teh Ninih, Agung La Tenritata, persidangan terjadi karena Aa Gym telah melakukan talak tiga kepada Teh Ninih pada Juni 2020.

Dengan demikian, kata Agung, seharusnya putusan sidang menetapkan cerai kepada keduanya.

Baca juga: Pihak Teh Ninih Bingung, Sudah Ditalak Tiga, Tapi Aa Gym Cabut Gugatan Cerai, Lama Tidak Serumah

Baca juga: CERITA TEH NINIH Setelah Ditalak Aa Gym, Tinggalkan Pesantren Daarut Tauhid, Tinggal di Tempat Ini

Hal ini pun menjadi pertanyaan bagi publik, terkait status rumah tangga kedua tokoh agama tersebut, setelah dikabulkannya permohonan pencabutan gugatan talak cerai oleh Aa Gym.

Penyuluh agama Kementerian Agama Kota Bandung, Toto Supriyanto, mengatakan, secara hukum negara, ketentuan jatuhnya talak telah dijelaskan dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991 tentang Penyebaran Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang diterbitkan pemerintah.

KHI ini merupakan hukum fikih yang telah diadopsi menjadi peraturan perundang-undangan dan menjadi dasar bagi majelis hakim untuk memutuskan sebuah perkara perkawinan di Indonesia.

"Dalam aturan KHI dijelaskan bahwa jatuhnya talak dapat dianggap sah apabila disampaikan atau dilakukan di depan majelis hakim," ujar Toto saat dihubungi melalui telepon, Selasa (31/3/2021).

Jadi, kalau seorang suami di luar pengadilan mengucapkan berapa kali pun kata talak terhadap istrinya, tidak berarti apa pun atau talaknya belum terjadi karena talaknya tidak disampaikan di hadapan majelis hakim.

Aa Gym cabut gugatan cerai.
Aa Gym cabut gugatan cerai. (TRIBUN JABAR)

"Apalagi kalau gugatan talaknya tidak jadi, maka batal atau belum terjadi apa-apa," kata Toto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved