Breaking News:

VIDEO Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Menahan Tiga Tersangka, Kasus Korupsi Revitalisasi Pasar Leles

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat telah menahan tiga tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi revitalisasi Pasar Leles pada Kamis (25/03/2021) mal

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari
 
TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat telah menahan tiga tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi revitalisasi Pasar Leles pada Kamis (25/03/2021) malam.
 
Penyidik menahan PF selaku PNS Pemkab Garut, ia menjabat sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek revitalisasi Pasar Leles.
 
Selain PF dua orang lainnya yang diketahui sebagai unsur swasta dari PT Uni Tano Seuramo yang menang dalam tender proyek pasar leles adalah Rnn dan Arr.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan ESDM, Nia Gania mengatakan dirinya tidak ingin mengomentari secara teknis apa yang dilakukan anak buahnya, namun ia  menekankan kasus tersebut membuatnya lebih berhati-hati dalam pembangunan tahap ketiga.
 
"Jadi di (kasus) Leles itu kan saya belum menjadi kepala dinas, saya juga tidak mengetahui apakah yang tiga tersangka itu dimana titik kesalahannya, tapi yang jelas ini menjadi bahan bagi kehati-hatian saya untuk melakukan estapet tahap ketiganya," katanya, Jumat (26/03/2021).
 
Nia menyarankan agar RF kooperatif dan komunikatif  dalam menjalani proses hukum.
"Kepada teman-teman saya terumama pak RF saya dorong doa, karena kalau tidak bersalah ya sampaikan saja nanti di pengadilan," Ungkapnya.
 
Meskipun sedang dalam masalah pembangunan revitalisasi Pasar Leles masih akan dilanjutkan dan sudah masuk lelang pembangunan tahap tiga.
 
"Sekarang kan sedang dilelang tahap tiga, anggarannya sekitar 7,6 miliar," ujarnya.
 
Pantauan Tribunjabar.id di lokasi revitalisai Pasar Leles, terdapat banyak kerusakan dari mulai ubin yang disusun tidak rapih dan terkelupas, atap bocor, kontruksi bangunan yang labil serta dinding-dinding beton yang tidak padat.
 
Salah satu pedagang sembako di Pasar Leles, Wawan Sofwan (72) mengatakan bila pemerintah tidak sanggup menyelesaikan pembangunan revitalisasi tersebut maka menurutnya proses pembangunannya agar diserahkan kepada masyarakat pasar.
"Harapan saya secepatnya (diselesaikan) bila mana pemerintah tidak sanggup, saya minta kepada pemerintah supaya langsung ditangani sama warga, mau ditutup oleh apa saja gimana warga saja, terserah nanti mau ditutup pake daun pisang  atau plastik yang penting cepat bisa pindah kesana," ucapnya.
 
 
Wawan menjelaskan pasar sementara yang dibuat pemerintah di lahan alun-alun Leles membuat para pedagang tidak nyaman dan sudah banyak yang gulung tikar.
 
"Sudah banyak kios-kios yang kosong hampir seratusan lah," katanya.
 
Wawan mengomentari terkait tiga orang yang ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi revitalisasi Pasar Leles, ia berharap pelaku diadili seadil-adilnya.
 
"Itu kan uang rakyat, tolong itu diadili seadil-adilnya apalagi musim sekarang (pandemi) saya dengar bisa itu dihukum mati,"
 
"Soalnya udah banyak merugikan orang, contohnya pasar ini aja, berapa puluh orang yang bankrut gara-gara dia kan, jika pemerintah tidak bisa mengadili, warga Pasar Leles bisa mengadili yang tiga orang itu," ucapnya.
 
Keluhan tersebut juga dirasakan oleh Rahmat Hidayat (42) salah satu pedagang snack, ia mengatakan semenjak pindah ke pasar sementara dagangannya kerap dimakan hama tikus.
 
"Sudah rugi karena pandemi ditambah disini tidak nyaman karena banyak hama tikus, habis dagangan saya. Kalo nanti pindah ke kios baru kan enak, aman ada tutupnya," ucapnya.
 
Rahmat mengaku pemerintah Garut dulu sempat menjanjikan revitalisasi akan selesai dalam waktu satu tahun namun ternyata pembangunan tersebut sudah 3 tahun tidak selesai.
 
"Dulu janjinya 8 bulan hingga satu tahun lah, buktinya mana sampe sekarang belum selesai-selesai," ujarnya.(*)
Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul VIDEO Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Menahan Tiga Tersangka, Kasus Korupsi Revitalisasi Pasar Leles, https://jabar.tribunnews.com/2021/03/27/video-kejaksaan-tinggi-jawa-barat-menahan-tiga-tersangka-kasus-korupsi-revitalisasi-pasar-leles.
Penulis: Sidqi Al Ghifari
Video Editor: Wahyudi Utomo
Penulis: Sidqi Al Ghifari
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved