Breaking News:

Merpati dan Listrik Mati

Burung merpati kerap kali dilambangkan sebagai symbol cinta dan kebahagiaan. Namun, tahukah Anda bahwa merpati dapat menyebabkan listrik mati sehingga

Istimewa
Petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan listrik. 

TRIBUNJABAR.ID - Burung merpati kerap kali dilambangkan sebagai symbol cinta dan kebahagiaan. Namun, tahukah Anda bahwa merpati dapat menyebabkan listrik mati sehingga menimbulkan kesedihan?

Ya, itulah yang saya alami Minggu lalu saat keluarga besar kami berkumpul untuk merayakan aqiqah anak pertama saya.

Rumah yang awalnya sejuk oleh angin sepoi sepoi dari AC dan riuh oleh senda gurau keluarga besar diiringi lantunan lagu kemesraan tiba-tiba terhenti karena lampu padam. Seketika saya membuka aplikasi PLN Mobile dan menghubungi Call Center 123 untuk melapor. Dari petugas, saya mendapat info bahwa terjadi gangguan di lokasi perumahaan saya dan saat ini petugas PLN sedang menginvestigasi penyebabnya.

Dua jam berlalu dan listrik masih belum menyala, saya mulai gelisah karena takut asi yang dikulkas terganggu. Olehkarena itu, saya memutuskan menelpon kembali Call Center PLN 123. Sambil emosi saya bertanya kepada petugas kenapa listrik tidak nyala nyala. Lalu, alangkah terkejutnya saya ketiga petugas PLN menginfokan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh burung merpati dan petugas sedang memperbaikinya.

Keesokan paginya ketika berbincang dengan tetangga, saya mendapat info bahwa kejadian kemarin karena adanya orang yang hendak menangkap burung di kabel listrik menggunakan alumunium yang ditempeli pulut, alat tersebut malah mengenai kabel listrik. Akibat kejadian tersebut muncul percikan api dan trafo meledak sehingga mengakibatkan listrik padam.

Tetangga menambahkan bahwa listrik mati karena merpati pernah terjadi beberapa kali dimana sebelumnya disebabkan merpati bertengger dan mengenai 2 jaringan listrik PLN. Sementara itu, perumahan kami memang padat penduduk dan banyak warga yang memelihara merpati. Oleh karena itu, pengurus RW perumahan kami mengeluarkan larangan untuk bermain burung merpati disekitar perumahan dan menganjurkan untuk beralih ke tanah yang lapang. Dari kejadian tersebut, saya jadi paham bahwa kita semua harus turut serta menjaga jaringan listrik/ asset milik PLN supaya terang terjaga.

Ada dua jenis mati listrik:

1. Mati listrik terencana

Mati Listrik Terencana itu artinya PLN sedang melakukan pemeliharaan atau peremajaan pada jaringan listrik/ gardu/ asset PLN untuk meningkatkan dan menjaga keandalan listrik. Hal tersebut terpaksa dilakukan PLN untuk menjaga keamanan petugas dan masyarakat sekitar agar terhindar dari kesetrum atau kecelakaan listriik lainnya. Waktu kegiatan tersebut sudah terjadwal dan akan disampaikan ke pelanggan melalui surat atau media sosial.

2.  Mati listrik tidak terencana

Halaman
1234
Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved