Breaking News:

VIDEO-Tangkap Peluang Bisnis, Mantan Aparatur Desa Ini Pilih Ternak Kambing Perah, Sukses Pasok Susu

Mantan aparatur desa ini pilih banting stir untuk ternak kambing perah menangkap peluang bisnis pasok susu kambing untuk pabrik makanan olahan

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Setelah tiga tahun menjabat sebagai Kasi Ekbang Desa Petir Hilir Kecamatan Beregbeg Ciamis, tahun 2017 Yuda Yusuf Danial (36) mundur dari jabatan aparatur desa tersebut.

Suami dari Ny Aiya (35) tersebut memilih jadi peternak kambing perah. Langkah hijrah yang dipilih Yuda tersebut ternyata tidak sia-sia.

Mantan mahasiswa Fakultas Pertanian Unigal 3 semester tersebut kini menjadi peternak kambing perah yang sukses dan satu-satunya di Ciamis. Yuda pemain tunggal kambing perah di Tatar Galuh Ciamis.

“Alhamdulillah, jumlahnya sekarang 135 ekor. Semuanya jenis Sapera (Sanen Peranakan Etawa),” ujar Yuda Yusuf Danial kepada Tribun saat ditemui di kandang dombanya yang mentereng tak jauh dari kediamannya di Kampung Rancawiru Rt 03 RW 07 Dusun Pasir Kadu Desa Petir Hilir Kecamatan Baregbeg Ciamis Rabu (24/3).

Dari 135 ekor kambing Sapera tersebut menurut Yuda, diantaranya 4 ekor penjantan, 61 ekor anak dan dara, 35 ekor betina yang lagi bunting. Dan 35 ekor induk yang lagi masa laktasi (menyusui).

“Ke-35 ekor induk yang lagi masa laktasi itulah yang kini setiap hari diperah. Setiap ekornya diperah 2 kali sehari. Pagi dan sore,” katanya.

Setiap ekor induk yang sedang masa laktasi tersebut bila diperah, pada pagi hari menghasil 1 liter susu/ekor dan sore harinya 700 ml/ekor. Rata-rata setiap induk masa laktasinya selama 7 bulan.

Halaman
1234
Penulis: Andri M Dani
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved