Breaking News:

VIDEO-30 ODGJ Dievakuasi ke RSJ Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Dalam Penanganan Beberapa Sempat Kabur

30 orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Pangandaran dievakuasi atau dirujuk ke RSJ Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.

Penulis: Padna
Editor: Teguh Kurnia

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Sebanyak 30 pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Pangandaran dievakuasi atau dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Pangandaran menyebut sampai saat ini sebanyak 708 penderita ODGJ di Kabupaten Pangandaran, 501 orang diantaranya dengan kondisi berat.

Dari pantaun Tribunjabar.id, sebelum dievakuasibke Bogor, puluhan ODGJ terlebih dahulu dilakukan rapid test juga pemeriksaan medis lainnya di gedung dakwah Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021).

VIDEO-Banjir Landa Garut Utara Sejak Kamis Sore, Puluhan Rumah di Cibatu Terendam Air

Dalam penanganan medis, beberapa ODGJ sempat kabur dari ruangan gedung. Namun, dapat dibujuk dan dibawa lagi oleh petugas tim medis beserta Satpol-PP Pangandaran ke dalam ruangan.

Promotor kesehatan jiwa RSJ Marzoeki Mahdi, Iyep Yudiana mengatakan, bahwa mereka yang dievakuasi atau dirujuk itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pangandaran.

VIDEO-Banjir Bandang dan Longsor Terjang Citengah Sumedang, Tiga Orang Jadi Korban

Tentu, berdasarkan laporan yang didapat dari warga. Dan ini, merupakan kerjasama dengan Pemda Pangandaran," ujar Iyep kepada beberapa wartawan di ruangan gedung dakwah Cijulang, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, RSJ Marzoeki Mahdi menurunkan dokter spesialis penyakit jiwa, dokter UGD, perawat jiwa dan lain-lain.

Nanti, kemungkinan semuanya akan dikembalikan pada April mendatang," kata Iyep.

VIDEO-Satu dari Tiga Tersangka Korupsi Pasar Leles Menangis dan Menjerit Histeris Saat Digiring

Sementara, Pengelola LKS Rumah Solusi Himatera Pangandaran Dede Adriansyah berharap, nanti sepulangnya dari Bogor, para ODGJ tersebut bisa dibina dan disembuhkan di Himatera.

Kita, akan follow up untuk menyebuhkan kejiwaan mereka," ucapnya.

Setidaknya, kata Dede, ada 8 pasien ODGJ dari Himatera yang dievakuasi ke Bogor. Mereka, memang memiliki gangguan kejiwaan yang berat. (*)

Penulis: Padna
Video Editor: Edwin Tk

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved