Breaking News:

Banjir Bandang Sumedang

Longsor dan Banjir Bandang Kepung 2 Kecamatan di Kabupaten Sumedang, Tutup Akses Jalan

Dua kecamatan yang diterjang bencana alam tersebut yakni Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Buah Dua.

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Longsor yang menutup akses ke lokasi banjir bandang di Citengah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bencana banjir bandang dan longsor mengepung dua kecamatan di Kabupaten Sumedang setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras dengan waktu lama, pada Kamis (25/3/2021) sore.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, dua kecamatan yang diterjang bencana alam tersebut yakni Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Buah Dua.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sumedang, Iwan Hermawan, mengatakan, khusus untuk bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan merupakan daerah yang paling banyak titiknya, terutama longsor.

"Untuk yang paling dekat di kota ada di Desa Sukajaya ada longsor di Babakan Huni, kemudian banjir di Babakan Regol," ujarnya saat ditemui di Citengah, Jumat (26/3/2021).

Kemudian, kata dia, longsor juga terjadi di beberapa titik yakni Desa Cipancar dan Desa Citengah. Untuk yang paling parah, terjadi banjir bandang hingga menyebabkan empat orang hanyut terbawa arus.

"Kita tahu semua, di sini ada beberapa titik kejadian longsor dan banjir bandang," kata Iwan.

Selain itu, kata Iwan, longsor juga terjadi di Dusun Cileungsing, Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua yang disebabkan adanya turun hujan dengan intensitas yang tinggi.

Baca juga: BREAKING NEWS Mudik Lebaran Tahun Ini Resmi Dilarang untuk Seluruh Masyarakat

Ia mengatakan, longsor tersebut mengikis tebing kebun hingga materialnya menutup akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Conggeang dan Kecamatan Buah Dua hingga tak bisa dilalui kendaraan.

"Per hari ini perlu disampaikan, bahwa tim asessment sudah turun ke lokasi. Hanya memang berdasarkan informasi di lapangan perlu alat berat untuk menangani longsor di sana," ujarnya.

Iwan mengatakan, untuk proses penanganan sudah dilakukan sejak malam hari dengan menurunkan petugas dari berbagai stakeholder, seperti BPBD, Basarnas, TNI/Polri, dan sejumlah relawan.

"Tapi di sisi yang lain, kita juga ada prioritas untuk menyelesaikan beberapa longsor yang menutup akses di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan," kata Iwan.

Setelah selesai penanganan di Kecamatan Sumedang Selatan, kata Iwan, pihaknya akan langsung menurunkan alat berat ke daerah Kecamatan Buah Dua untuk menangani material longsor yang menutup akses jalan.

Baca juga: Ibu Ade Londok Menangis, Mohon Ampuni Dosa Anaknya yang Sedang Kritis, Kondisi Ade Kini Linglung

"Tim sudah dari awal asessment kesana untuk melakukan beberapa hal yang bisa kita lakukan lebih awal, sambil menunggu alat berat. Informasi terakhir tim Damkar UPTD Conggeang untuk pembersihan sudah kita kontak," ujarnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved