Breaking News:

BNI Dukung Ekspor Teh Melalui Penyaluran KUR untuk Para Petani Teh

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung ekspor teh Jawa Barat. Bentuknya memberikan kredit kepada produsen teh.

Tribunjabar.id/Kemal Setia Permana
Pemimpin BNI Wilayah 4 Bandung, Edi Awaludin (kanan) menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para petani teh binaan PT Kabpe Chakra disaksikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (tengah) yang digelar secara simbolis di sela pelepasan ekspor teh PT Kabepe Chakra ke Uni Emirat Arab di Gedung Pakuan, Jumat (26/3/2021). Pada tahun 2020 BNI Wilayah 04 Bandung telah menyalurkan KUR sebesar Rp1,69 triliun yang tersebar di area Jabar, baik melalui pola One on One maupun Klaster. (KEMAL SETIA PERMANA) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Jawa Barat adalah provinsi penyumbang produsen teh terbesar di Indonesia. Lebih dari 36.800 hektare perkebunan teh di Jabar telah mampu menyumbangkan angka ekspor ke berbagai negara, mulai dari Asia, Eropa hingga Amerika. 

Sebagai perwujudan dan dukungan untuk kembali membangkitkan teh sebagai salah satu produk unggulan Jabar, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung ekspor teh Jawa Barat.

Salah satu dukungan ini diwujudkan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau  KUR kepada para petani teh Jabar untuk meningkatkan produktivitas petani dan meningkatkan volume ekspor.

Penyaluran KUR merupakan implementasi kerjasama BNI dengan PT Kabepe Chakra, yaitu salah satu perusahaan eksportir yang masih terus melakukan ekspor komoditas teh walaupun dalam kondisi pandemi.

Baca juga: Pemimpin BNI Wilayah Bandung Borong Buku Karya Dr Aqua Dwipayana, Dibagikan Kepada Pegawai

Baca juga: Tim Persib Bandung Jalani Vaksinasi Lagi, Ezra Walian: Untuk Fans dan Warga Indonesia

Baca juga: BREAKING NEWS Mudik Lebaran Tahun Ini Resmi Dilarang untuk Seluruh Masyarakat

Bentuk kerjasama yang dilakukan saat ini adalah dengan cara memberikan KUR kepada para petani teh binaan PT Kabepe Chakra dan mendukung seluruh aktivitas transaksi keuangan PT Kabepe Chakra, baik untuk transaksi ekspor maupun transaksi domestik.

Hal ini pun sejalan dalam rangka pemulihan ekonomi daerah Provinsi Jawa Barat dan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks).

Pemprov melalui Dinas Perkebunan Jawa Barat mendukung perusahaan eksportir untuk meningkatkan ekspor di dalam kondisi pandemi yang ditandai dengan acara Pelepasan Ekspor Teh ke negara Uni Emirat Arab oleh PT Kabepe Chakra dan penyerahan KUR oleh BNI Wilayah 4 Bandung, di Gedung Pakuan Kota Bandung, Jumat (26/3/2021). 

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI, Komisi II DPRD Jabar, perwakilan Ekbang Sekda Jabar, Asosiasi Petani Teh Jawa Barat, PTPN VIII, Direktur Komersial PT Kabepe Chakra, Robby A Badruddin, Pemimpin BNI Kantor Wiayah Bandung, Edi Awaludin, serta perwakilan kelompok petani teh binaan PT Kabepe Chakra dan Dinas perkebunan Jawa Barat yang dilaksanakan dengan standard protokol kesehatan yang ketat.

Pemimpin BNI Wilayah 4 Bandung Edi Awaludin mengatakan bahwa BNI senantiasa memberikan dukungan untuk peningkatan UMKM, khususnya di Jabar. Pada tahun 2020 BNI Wilayah 04 Bandung telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp1,69 triliun yang tersebar di area Jabar, baik melalui pola One on One maupun Klaster.

"Pada tahun 2021 BNI menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp2,645 triliun di wilayah Jawa Barat. Saat ini BNI telah menyalurkan KUR Pertanian dan Perkebunan kepada berbagai macam klaster seperti tebu dan mangga di Cirebon, ubi cilembu di Sumedang, kopi di Kabupaten Bandung dan Garut, serta padi dan jagung yang tersebar di Jawa Barat,” tutur Edi di sela acara.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved