Breaking News:

10 Tahun Hari Pantomim Sedunia, Bandung, Indonesia World Mime Day 2021

Memperingati World Mime Day (Hari Pantomime Sedunia) adalah gerakan inisiatif di seluruh dunia dari World Mime Organisation untuk merayakan seni Mime

Istimewa
Memperingati World Mime Day (Hari Pantomime Sedunia). 

TRIBUNJABAR.ID - Memperingati World Mime Day (Hari Pantomime Sedunia) adalah gerakan inisiatif di seluruh dunia dari World Mime Organisation untuk merayakan seni Mime dan komunikasi non-verbal pada tanggal 22 Maret yang juga merupakan Hari kelahiran seniman legendaris dan Maestro Mime dari Perancis ialah Marcel Marceau (22 Maret 1923). Kegiatan ini telah dirayakan sejak tahun 2011 diberbagai tempat di tiap negara di seluruh dunia dengan cara masing-masing para seniman, pecinta dan apresiator seni pertunjukan pantomim.

10 tahun Hari Pantomim Sedunia di Bandung, Indonesia telah digelar sejak tahun 2011, atas inisiatif seniman pantomim Indonesia Wanggi Hoed bersama Mixi Imajimimetheatre Indonesia. Berbagai ruang telah menjadi rekam jejak ingatan tersendiri bagi apresiator dan masyarakat seni pertunjukan yang menyaksikan peristiwa kebudayaan para seniman mime, dengan tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Tahun 2021 ini dengan pertunjukan Pantomim yang terinspirasi dari pepatah : “NATAS, NETES, NITIS” (dari Tuhan Manusia Ada, bersama Tuhan Manusia Hidup, dan bersatu dengan Tuhan Manusia akan Kembali), karya ini merupakan ruang bercerita melalui bahasa seni untuk kita mengingat kembali posisi kita sebagai manusia yang berasal dari Sang Pencipta. Kondisi pandemi ini menjadi ruang berbagi karya serta energi kita bersama untuk peka juga sadar dan terus bergerak dengan situasi juga kondisi sebelum bahkan sesudah (post-isolation) bahwa kita ada, hidup serta kelak akan kembali pada Sang Pencipta, maka salahsatunya merawat nilai-nilai yang seharusnya kita jalani dalam kehidupan ini; baik kebebasan bernafas, daya kreativitas serta daya hidup agar semua makhluk bahagia dan damai juga dapat mengekspresikan hidupnya.

Diselenggarakannya perayaan serentak ini diberbagai titik tiap negara di dunia, merupakan pesan dari seni sunyi, bahwa seni pantomim merupakan seni pertunjukan dunia serta dapat menjadi pengerak keberlanjutan pemikiran serta jembatan ingatan untuk memanusikan manusia melalui bahasa tubuh dan pernyataan imajinasinya dalam kehidupan.

Perayaan World Mime Day/Hari Pantomime Dunia tahun ini di Indonesia akan berpusat di Bandung, bertempat di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi. Akan ada beberapa kegiatan seperti; Pertunjukan Pantomime oleh Wanggi Hoed, Acapella: Mirna Nurmala, Tari; Emmy, Dongeng oleh Ratimayya, Video Testimoni Warga dan Pantomim dari partisipan World Mime Day tempat lainnya. World Mime Day 2021 kali ini berbeda, selain memperingati 10 tahun World Mime Day di Indonesia, juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube.

Pantomim Untuk Semua,

Pantomim Bahasa Perdamaian,

Panjang Umur Pantomim Indonesia!

Salam Imajinasi - Wanggi Hoed, Seniman Pantomim Indonesia

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved