Breaking News:

VIDEO-3 Kades di Cipeundeuy Datangi DPRD Subang, Minta Peningkatan SDM Guna Sambut Kawasan Industri

Mempersiapkan SDM guna menyambut realisasi kawasan industri di Cipeundeuy, tiga Kepala Desa datangi DPRD Subang.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Teguh Kurnia

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Mempersiapkan SDM guna menyambut realisasi kawasan industri di Cipeundeuy, tiga Kepala Desa, yakni, Kepala Desa Kosar, Sawangan, dan Wantilan di Kecamatan Cipeundeuy Subang datangi DPRD Subang.

Mewakili ketiga Kepala Desa tersebut, Kepala Desa Wantilan Komarudin menjelaskan adanya kawasan industri Subang Smartpolitan di Cipeundeuy, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

Sejak saat ini perlu dipersiapkan, dan kita ingin memastikan sejauh mana Pemda Subang mempersiapkan segalanya, jangan sampai nanti warganya seperti tikus mati di lumbung padi," papar Komar usai pertemuan bersama Komisi III DPRD Subang, di Kantor DPRD Kabupaten Subang Senin (22/3/2021).

VIDEO-Bamsoet Buka Even Indonesia Cup Prix 2021 di Sirkuit Gery Mang Subang, Otomotif Menggeliat

Komarudin juga mengungkapkan kekhawatirannya saat ini, masyarakat di Desanya akan menjadi penonton saja di saat Subang sekarang menjadi Kota Industri. Menurutnya pembangunan beberapa perusahaan di wilayah Desa Kosar, Sawangan dan Wantilan mengharuskan peningkatan SDM masyarakat agar punya daya saing.

Salah satunya dengan cara meningkatkan kompetensi masyarakat itu sendiri melalui pendidikan. Dia megatakan, jangan sampai perusahaannya di Cipeundeuy, SDM nya dari luar Cipeundeuy.

"Sekarang saja khusus di Desa Wantilan sudah lebih dari sepuluh perusahaan, namun, masih kurang maksimal menyerap tenaga kerja lokal Subang atau asli orang Wantilan, adanya rencana pembangunan zona industri di wilayah Cipeundeuy, termasuk Wantilan. Maka kami pada wakil rakyat, meninta untuk seurius ikut mengawal dan fasilitasi masyarakat agar tidak sebatas menjadi penonton saja,” jelasnya.

Pihaknya mengakui saat ini Kepala Desa memiliki keterbatasan kemampuan, baik berupa kebijakan maupun anggaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved