Breaking News:

Sampah Kembali Penuhi Waduk Jatigede, Personel TNI Sampai Turun Tangan

Ratusan petugas gabungan turun ke Waduk Jatigede untuk menyingkirkan sampah.

Istimewa
Ratusan petugas gabungan saat menyingkirkan sampah dari Perairan Waduk Jatigede. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Perairan Waduk Jatigede, tepatnya di blok Tugu Wado, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang kembali dipenuhi sampah yang diduga terbawa aliran Sungai Cimanuk yang hulunya berasal dari Kabupaten Garut.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang sudah menyingkirkan sampah tersebut dengan menggunakan ekskavator pada awal Februari lalu, tapi kini sampah kembali menumpuk.

Saking banyaknya sampah yang menumpuk, pada Selasa (23/3/2021), ratusan petugas gabungan, yakni dari Korem 062/Tn, Kodim 0610/ Sumedang, Yonif Raider 301/PKs, Polsek Wado, Koramil Wado, BPBD Kabupaten Sumedang, kecamatan, Polairud Polres Sumedang, pramuka, sejumlah ormas, dan masyarakat setempat berjibaku menyingkirkan sampah tersebut.

Baca juga: Tonton Live Streaming Ikatan Cinta 23 Maret 2021, Malam Ini Andin-Al Penuh Kesedihan, Ini Link-nya

Baca juga: Latber Kicau Mania di Rajadesa Ciamis Dibubarkan Satgas Covid-19, Padahal Sedang Zona Merah

"Sesuai perintah dari Pak Dandim kami akan bersihkan ini sampai selesai, kalau tidak selesai hari ini kami lanjut besok atau lusa, karena harus netral tempat ini," ujar Pasi Ops Kodim 0610/Sumedang, Kapten Inf Dadang Sopyan di Waduk Jatigede.

Kata Dadang, pihaknya datang ke lokasi juga sekaligus melihat kebutuhan peralatan pendukung untuk menyingkirkan sampah dari perairan Waduk Jatigede.

"Saya di sini juga sekaligus meninjau lokasi, supaya kami pikirkan alat apa yang dibutuhkan untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan," katanya.

Dadang mengatakan, upaya itu dilakukan setelah pihaknya mendapat perintah dari Dandim untuk segera membersihkan perairan Waduk Jatigede yang dipenuhi sampah tersebut.

Petugas gabungan dan masyarakat setempat berusaha mengangkut sampah dari permukaan air waduk dengan cara manual, bahkan mereka juga memungut sampah satu per satu menggunakan tangan, tanpa adanya bantuan alat berat.

"Kegiatan ini merupakan karya bakti, kami mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan manusia dalam kegiatan ini," ucap Dadang.

Dalam upaya ini, sejumlah perahu karet dari Korem 062/Tn, Polairud Polres Sumedang, dan BPBD Kabupaten Sumedang juga diterjunkan untuk memudahkan personel menjangkau sampah yang sedikit jauh dari bibir waduk.

Namun, hingga Selasa sore, sampah yang sudah dikepinggirkan masih menumpuk, karena terkendala tidak adanya truk pengangkut sampah. 

Baca juga: Dua Guru SMA Favorit di Kota Tasikmalaya Positif Covid-19, Hasil Tracing Ada 7 Orang Kontak Erat

Baca juga: VIDEO-3 Kades di Cipeundeuy Datangi DPRD Subang, Minta Peningkatan SDM Guna Sambut Kawasan Industri

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved