Breaking News:

Saat Rusmini Asyik Masak di Dapur Tiba-tiba Tanah Longsor Timbun Rumah, Nyaris Renggut Nyawanya

Rusmini (60) istri dari Jaja (60) nyaris tertimbun longsor saat  tengah memasak di dapur rumahnya

tribunjabar/hilman kamaludin
Saat Rusmini Asyik Masak di Dapur Tiba-tiba Tanah Longsor Timbun Rumah, Nyaris Renggut Nyawanya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Rusmini (60) istri dari Jaja (60) nyaris tertimbun longsor saat  tengah memasak di dapur rumahnya, Dusun Munjul RT 1/1, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Kabuputen Sumedang, Kamis (19/3/2021) sore.

Seperti diketahui, rumah milik Jaja itu terdampak longsor tebing setinggi 5 meter, bersamaan dengan satu rumah anaknya bernama Yayat dan satu rumah Eman yang berada di atasnya.

Rusmini mengatakan, saat hujan deras itu dirinya sedang memasak di dapur, kemudian satu batu dari Tembok Penahan Tebing (TPT) terlepas, dan setelah itu longsor pun menerjang tembok dapur rumahnya.

"Saya lagi di dapur kaget terdengar suara longsor, terus tembok dapur ambruk," ujarnya saat ditemui di rumahnya, Jumat (18/3/2021).

Baca juga: Ayah yang Loncat ke Sungai Ditemukan Tewas di Tumpukan Eceng Gondok, Istri: Kami tak Ada Masalah

Bersamaan dengan tembok rumahnya yang ambruk itu, dia langsung lari ke ruangan yang lain hingga akhirnya dia selamat dari kejadian longsor tersebut.

"Alhamdulillah selamat, tapi dapur dan perabotan dapur hancur," kata Rusmini.

Ia mengatakan, saat malam itu juga ia bersama suaminya langsung mengungsi ke rumah anaknya yang pertama karena rumahnya dipenuhi material longsor dan khawatir terjadi longsor susulan.

"Sekarang lagi dibersihin, dibantu sama petugas dan warga yang lain," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Jaja mengatakan, longsor tersebut terjadi saat turun hujan deras disertai angin kencang saat dirinya sedang melaksanakan tahlilan di rumah warga yang lain.

Baca juga: Pembayaran Pajak dan Retribusi Melalui Transaksi Digital Dongkrak Kenaikan PAD Jabar,

"Pas saya pulang ke rumah sudah begini (dinding jebol) karena memang kondisi tanah tebingnya sudah labil dan tidak memungkinkan," ujarnya saat ditemui di lokasi longsor.

Jaja mengatakan, akibat longsor tersebut dinding rumah pada bagian dapurnya jebol hingga material longsor masuk ke dalam rumah dan menerjang sejumlah alat-alat dapur.

"Waktu itu istri saya lagi di dapur, Alhamdulillah selamat walaupun dinding jebol dan alat dapur terkena material longsor," kata Jaja.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved