Breaking News:

Petani Purwakarta Tolak Impor Beras, Baru Wacana Saja Harga Gabah Petani Sudah Nyungsep

Rencana pemerintah untuk impor beras dengan tujuan menjaga stabilitas pasokan beras di Indonesia

istimewa
ILUSTRASI Petani Purwakarta Tolak Impor Beras, Baru Wacana Saja Harga Gabah Petani Sudah Nyungsep 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Rencana pemerintah untuk impor beras dengan tujuan menjaga stabilitas pasokan beras di Indonesia mendapat penolakan dari kelompok tani, tak terkecuali di Purwakarta.

Anggota Kelompok Tani Mekar Jaya 1 Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Purwakarta, Pepen Efendi menegaskan tidak setuju atas rencana tersebut. Justru, menurutnya jika langkah itu diambil bakal merugikan petani Indonesia.

"Harga beras nantinya akan alami penurunan dan jelas merugikan kami. Bertani itu kan perlu biaya, nah biayanya datang dari panen. Lalu, kalau berasnya impor, lalu nasib kami gimana?" katanya, Jumat (19/3/2021) di Purwakarta.

Pepen pun kemudian memberikan saran kepada pemerintah untuk lebih mengoptimalkan beras dari petani lokal atau bahkan pemerintah dapat melakukan langkah dengan memperluas area persawahan untuk meningkatkan pasokan beras.

Baca juga: Mengintip Produksi Tas di Pabrik Eiger Adventure di Katapang Kabupaten Bandung

Saat ini, kelompok tani Mekar Jaya 1, kata Pepen, miliki area sawah garapan seluas 9.996 hektare dan menghasilkan sekiranya 59.976 ton gabah basah serta 49.980 ton gabah kering giling.

Hal senada dengan Pepen, Sanudin kelompok tani dari Kecamatan Darangdan mengaku menolak wacana yang digulirkan terkait impor beras.

Sebab, hal itu bakal berdampak pada petani yang akan mengalami kesulitan dalam penjualannya.

"Sekarang saja harga gabah kering per kwintal Rp 500 ribu. Sebelumnya itu bisa tembus Rp 650 ribu. Lalu, gimana nasibnya kalau impor itu jadi diketuk," katanya.

Baca juga: Yang Dirasakan Umuh Muchtar Saat Disuntik Vaksin Covid-19, Sebut Asisten Pelatih Malah Keringatan

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved