Breaking News:

Kebun Hidroponik di Rooftop Gedung Bersejarah, di Tengah Belantara Kota Bandung

kebun sayur hidroponik yang cantik ini bukan tumbuh di daerah Lembang, tapi di rooftop kantor PLN Jabar yang terletak tepat di jantung kota Bandung

Istimewa
Kebun sayur hidroponik di rooftop kantor PLN Jawa Barat yang terletak tepat di jantung kota Bandung 

TRIBUNJABAR.ID,- Bukan, kebun sayur hidroponik yang cantik ini bukan tumbuh di daerah Lembang, tapi di rooftop kantor PLN Jawa Barat yang terletak tepat di jantung kota Bandung.

Mungkin tak ada yang menduga bahwa di tengah hiruk pikuk kota Bandung, ada kebun sayuran hidroponik yang tumbuh subur di atas rooftop kantor PLN UID Jawa Barat, sebuah bangunan bersejarah yang dulunya milik perusahaan listrik milik Belanda itu. Di kebun yang asri tersebut ditanam dua jenis sayuran yaitu Pakcoy dan Selada. Keduanya tumbuh subur di atas media air yang telah diberi nutrisi khusus hidroponik.

Uniknya dari kebun hidroponik rooftop ini kita bisa memandang langsung Gedung Merdeka, bangunan-bangunan di jalan Braga, Cikapundung Riverspot, dan Jalan Ir. Soekarno yang sering dijadikan wisata selfie, seraya menikmati hijaunya daun tanaman Pakcoy dan Selada yang segar, ditemani secangkir kopi hangat Americano atau Caramel Latte.

Kebun sayur hidroponik sengaja dikembangkan di atas atap kantor PLN untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat di masa New Normal ini. Selain itu, menanam sayuran hidroponik juga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sayur secara mandiri.

Kala malam menjelang, kebun hidroponik ini bahkan semakin romantis dan instagramabel karena bermandikan cahaya berwarna pink-ungu dari lampu Ultraviolet.

Sesuai namanya, lampu ini memancarkan sinar UV yang sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Jika pada umumnya sayuran bisa dipanen pada usia 40-50 hari, maka dengan lampu Ultraviolet tanaman hidroponik bisa panen dalam waktu 20-25 hari saja. Hal ini karena tanaman mendapat asupan sinar UV tidak hanya dari matahari di siang hari, tapi juga dari lampu UV di malam hari.

Agrowisata Hidroponik
Hasil tanaman dari kebun hidroponik telah banyak dikembangkan baik untuk konsumsi mandiri, dijual ke pasar/supermarket, dijual online, maupun dijadikan tempat agrowisata.

Di kawasan agrowisata hidroponik pengunjung tidak hanya bisa merasakan pengalaman memetik sayur sendiri, tapi juga bisa menjadi tempat wisata selfie yang instagramabel. Gimana? Tertarik untuk bikin kebun hidroponikmu sendiri di rumah atau di rooftop kantor?

Tingkatkan Produktivitas Melalui Program Super Electrilife
Bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam hidroponik dengan menggunakan sinar UV dan mengembangkannya menjadi bisnis tidak perlu khawatir terkait pasokannya listriknya. Saat ini PLN sedang mengadakan program “Super Electrilife”

“Kami terus menghadirkan kemudahan kepada pelanggan untuk menggunakan listrik dari PLN. Kami yakin listrik akan meningkatkan produktivitas masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19,” ujar Iwan, Manager Komunikasi PLN Unit Induk distribusi Jawa Barat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved