Breaking News:

Empat Tahanan Coba Selundupkan Sabu ke Rutan Bandung Lewat Bungkus Rokok, Berhasil Digagalkan

Satu pelaku menyimpan sabu di dalam bungkus rokok kemudian diletakan si balik pagar Rutan Bandung yang berada di Jalan Jakarta.

Pixabay.com
Ilustrasi narkoba. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Empat penghuni Rutan Bandung terlibat dalam upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam rutan pada 11 Maret 2021.

"Melibatkan empat orang di dalam dan satu orang di luar rutan, upaya penyelundupan narkoba diduga sabu namun bisa digagalkan," ujar Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Bandung Irfan Rizky Prasetyawan saat dihubungi pada Selasa (16/3/2021).

Ia menerangkan, satu pelaku menyimpan sabu di dalam bungkus rokok kemudian diletakan si balik pagar Rutan Bandung yang berada di Jalan Jakarta.

"Disimpan di bungkus rokok kemudian diletakan di balik pagar, diduga nanti akan diambil oleh orang yang di dalam. Namun, barangnya keburu ketahuan petugas," ucap Irfan.

Adapun ke lima orang itu yakni Yusuf Kurnia, Aditya, Junaidi, Ai Sulaeman, dan Wahyu Idris. Kelimanya memiliki peran masing-masing.

Aditya berstatus tahanan dan mengendalikan Yusuf Kurnia yang berperan sebagai kurir untuk menyimpan narkoba. Lalu ada Junaedi, dia seorang petugas kebersihan yang diminta mengambil barang.

"Tapi si Junaidi ini tidak mengambil karena ketakutan. Lalu Aditya menyuruh Yusuf menempel sabu di gerbang. Lalu atas nama Ai Sulaeman yang punya modal. Kemudian Wahyu Idris yang punya link di luar," kata dia.

Baca juga: Sejak AC Milan Kalah dari Spezia, Serie A Musim Ini Selesai, Inter Milan Raih Scudetto, Kata Capello

Empat tahanan yang terlibat langsung ditindak dengan masuk catatan register F, yakni narapidana yang disanksi tidak diberi hak asimilasi dan hak lainnya sebagai warga binaan selama satu tahun.

"Sementara satu orang dari luar yang menyimpan sabu-sabu itu, sudah dibawa ke BNN Jabar dan dititipkan di Rutan Bandung.
Untuk yang empat orang ini kami isolasi dimasukkan ke masing-masing kamar dan diarahkan mendapat register F," kata dia.

Penemuan sabu itu berawal saat petugas rutan menemukan dua bungkus rokok di sekitar halaman rutan.

Baca juga: Sulit Dapat Pasokan, Pedagang di Majalengka Terpaksa Jual Cabai Busuk, Harga Jauh Lebih Murah

Bungkus rokok itu ternyata berisi puluhan paket kecil diduga sabu. Penemuan barang haram oleh petugas dilaporkan ke Kepala Rutan Riko Stiven.

"Pada hari kejadian, pelaku terlihat akan mengambil barang namun kepergok lalu diamankan petugas. Didapati keterangan, barang akan diselundupkan ke rutan dengan cara dititipkan ke pekerja sampah yang merupakan tahanan pendamping dan sehari-hari bekerja buang sampah," kata Riko Stiven

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved