Breaking News:

Kian Banyak Pengusaha Terdampak Covid-19, Kadin Jabar Minta Kemudahan Akses Permodalan PEN 2021

Kadin Jabar minta kemudahan akses permodalan PEN 2021 untuk pemulihan ekonomi terlebih kian banyak pengusaha terdampak akibat pandemi Covid-19

istimewa
Ketua Kadin Jabar, Cucu Sutara (dua dari kiri) dan jajaran pengurus Kadin Jabar. 

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG- Pandemi Covid-19 sudah lebih dari satu tahun menghantam Indonesia. Kondisi ini terus mempengaruhi sektor perekonomian termasuk berdampak pada pengusaha di Jawa Barat yang tergabung di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar. 

Dalam keterangan resminya, Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara mengatakan, sejak awal Covid-19 sudah cukup banyak pengusaha yang terdampak.

Hingga lebih dari setahun pandemi melanda, pengusaha yang terdampak juga kian bertambah. 

"Daya tahan pengusaha Jabar terus melemah, karena Covid-19 dan banyak pengusaha yang terdampak langsung dan tidak langsung," kata Cucu di Bandung, Senin (15/3/2021). 

Baca juga: Bisnis Cupang Avatar Hingga Nemo, Raup Jutaan Rupiah, Pembeli Ada Dari Singapura dan Malaysia

Menurutnya, Kadin Jabar sebagai organisasi yang juga menaungi para pengusaha di Jabar terus berupaya agar para pengusaha bisa tetap bertahan di tengah pandemi ini. 

Pihaknya berupaya untuk melakukan pemulihan ekonomi khususnya di Jawa Barat antara lain dengan mendorong UMKM bisa memperoleh sertifikasi agar layak dijual baik domestik maupun ekspor.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya menyiapkan SDM yang berkualitas untuk mengimbangi kebutuhan tenaga kerja di daerah-daerah yang iklim investasinya tengah meningkat seperti di Indramayu, Subang, dan Majalengka. 

Baca juga: 3 Ekonom Jabar Dapat Penghargaan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung, Ini Sosoknya!

Namun, pihaknya juga berharap, pemerintah juga ikut mendorong secara serius pemulihan ekonomi ditengah pandemi ini seperti penyaluran dana PEN yang diharapkan bisa didapatkan pengusaha. 

"Untuk pemulihan ekonomi, pengusaha butuh banyak dukungan termasuk pembiayaan, permodalan. Ada dukungan dari perbankan untuk recovery, seperti alokasi dana PEN, belum tersentuh oleh kami," katanya. 

Menurutnya, pemerintah dan perbangkan bisa terjun langsung untuk melihat kondisi sesunggungnya dari pengusaha yang terdampak Covid-19

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved