Breaking News:

BPJS Kesehatan Tambah Fitur Baru Aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19

BPJS Kesehatan Cabang Soreang gandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung untuk melakukan sosialisasi mengenai update aplikasi P-Care Vaksinasi

istimewa
sosialisasi mengenai update aplikasi P-Care Vaksinasi versi 1.5.0 

TRIBUNAJABAR.ID, SOREANG - BPJS Kesehatan Cabang Soreang menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung untuk melakukan sosialisasi mengenai update aplikasi P-Care Vaksinasi versi 1.5.0 kepada seluruh fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bandung, Senin (08/02).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Soreang Sundus Farida mengatakan aplikasi P-Care Vaksinasi adalah bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19 yang mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan (vaksinator).

P-Care Vaksinasi terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Adapun pembaruan aplikasi terbaru P-Care saat ini adalah adanya fitur Verifikasi Data Sasaran. Sundus mengatakan bahwa dalam fitur tersebut, fasilitas kesehatan dapat melakukan verifikasi terhadap para penerima vaksin yang sudah terdata sebelumnya pada aplikasi Peduli Lindungi.

"Fitur tersebut pun mempunyai fungsi untuk memperbaiki data sasaran penerima vaksin ataupun menambahkan data sasaran yang belum sama sekali tercatat oleh Peduli Lindungi. Proses perbaikan maupun penambahan data sasarn tersebut berdasarkan masterfile JKN serta paralel dengan data dari Dukcapil,” ungkap Sundus.

Secara rinci, ia menjelaskan bahwa dengan fitur ini, jika terdapat kesalahan nama, nomor telepon ataupun alamat tenaga kesehatan dan medis yang sudah terdaftar dalam P-Care Vaksinasi Covid-19 yang dipersiapkan ikut menerima vaksin Covid-19, maka kesalahan tersebut bisa segera diperbaiki secara langsung.

”Begitu pun dengan tenaga kesehatan yang belum terdaftar dalam Peduli Lindungi dapat ditambahkan, sehingga mendapatkan vaksin,” tambah Sundus.

Pada akhir penyampaiannya, Sundus berharap dengan hadirnya fitur baru pada aplikasi P-Care Vaksinasi dapat menyelesaikan permasalahan yang ditemui petugas fasilitas kesehatan di lapangan, sehingga proses vaksinasi khususnya di Kabupaten Bandung dapat berjalan lancar.

”Kami terus memantau pemanfaatan aplikasi P-Care Vaksinasi yang telad diimplementasikan oleh fasilitas kesehatan. Dan BPJS Kesehatan akan selalu memberikan dukungan apabila Dinas Kesehatan ataupun fasilitas kesehatan selaku vaksinator mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi," kata Sundus.

Pada kesempatan yang sama, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Andry menyatakan akan segera menindaklanjuti terhadap hadirnya fitur baru pada aplikasi P-Care Vaksinasi dengan membuatkan user agar fasilitas kesehatan segera dapat mengakses fitur Verifikasi Data Sasaran.

“Setelah kegiatan ini kami akan segera menindaklanjuti dengan membuatkan form yang harus diisi oleh fasilitas kesehatan guna menunjuk  Person In Charge (PIC) selaku petugas verifikasi data sasaran yang mendapatkan hak akses user verifikasi, dan mempunyai akses yang sah untuk update data tambahan tersebut,” ujar Andry.

Pemerintah telah melaksanakan vaksinasi sebagai upaya untuk memutus mata rantai Covid-19, diharapkan kepada masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan demi melindungi diri, keluarga, dan orang-orang sekitar.

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved