Breaking News:

Universitas Kristen Maranatha Gelar Webinar BIM dan Luncurkan Sketchup Authorized Training Center

Webinar Implementasi Building Information Modelling Pada Masa New Normal Modelling sekaligus peluncuran Sketchup Authorized Training Center.

Tangkapan layar
Richardus Susilobroto dari ACA Pacifilk dan Cindrawaty Lesmana, Dosen Teknik Sipil Universitas Maranatha, saat webinar webinar Implementasi Building Information Building Pada Masa New Normal Modelling sekaligus peluncuran Sketchup Authorized Training Center, Sabtu (13/3/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Kristen Maranatha menggelar webinar Implementasi Building Information Modelling (BIM) Pada Masa New Normal sekaligus peluncuran Sketchup Authorized Training Center, Sabtu (13/3/2021).

Acara ini digelar bekerja sama dengan ACA Pacifik dan PT Danamartha Sejahtera Utama (DSU) Universitas Kristen Maranatha.

Webinar dan peluncuran pelatihan sertifikasi Sketchup ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti Richardus Susilobroto dari ACA Pacifilk dan Cindrawaty Lesmana, Dosen Teknik Sipil Universitas Maranatha.

Dalam pemaparan materinya tentang Sketchup for BIM, Richardus Susilobroto menyebutkan, Sketchup adalah perangkat lunak pemodelan yang bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan seperti bangunan, interior, transportasi, produk desain, dan bahkan hingga ke media entertainment.

Hal inilah yang membuat Sketchup menjadi populer.

Menurut Richardus, Sketchup sudah ada sejak 1999 dan kemudian diakuisisi oleh Google untuk keperluan bisnis mereka sehingga pada 2006 lahirlah Google Sketchup.

Namun pada 2012, Sketchup kemudian dijual oleh Google ke Trimble, yaitu perusahaan yang fokus kepada permodelan 3D, sehingga mulai 2013 lahirlah istilah Trimble Sketchup yang melahirkan berbagai fitur baru yang kebanyakan mengarah kepada building information modelling (BIM).

"Itulah mengapa saya mengistilahkan Sketchup for BIM bukan Sketchup is BIM, karena saya tidak berani mengklaim bahwa ini (Sketchup) adalah software BIM, dan BIM tidak merujuk kepada nama software," tutur Richardus. 

Pembicara berikutnya, Cindrawaty Lesmana memberikan presentasinya tentang konsep dan aplikasi BIM pada masa new normal.

Menurut Cindrawaty, BIM memiliki pemahaman yang berbeda-beda.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved