Breaking News:

MENCEKAM, Hujan Deras Disertai Butiran Es Melanca Rancah Ciamis, Seperti Diguyur Batu Kerikil

Hujan lebat disertai guyuran butir es yang melanda Desa Karangpari Kecamatan Rancah Ciamis, Jumat (12/3)

istimewa
MENCEKAM, Hujan Deras Disertai Butiran Es Melanca Rancah Ciamis, Seperti Diguyur Batu Kerikil 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Hujan deras disertai guyuran butiran es yang melanda Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jumat (12/3) sekitar pukul 13.00, sempat membuat warga panik. Banyak yang tidak berani keluar rumah.

Tak hanya karena adanya guyuran butiran es, terjangan angin kencang juga membuat banyak pohon tumbang dan ada rentangan kabel listrik yang putus.

“Suasana cukup mencekam, membuat warga agak panik. Apalagi hujan turun disertai butiran es. Kejadian yang langka, butiran es sampai masuk ke teras rumah, ke dalam warung,”  ujar Fajar (23)  warga  Dusun Ciawitali RT 02 RW 07 Desa Karangpari Rancah kepada Tribun Jumat (12/3).

Beberapa hari terakhir, menurut Fajar, cuaca di Karangpari sering mendung dan suhu cukup dingin apalagi malam hari.

Baca juga: Mengungkap Kasus Pernikahan Dini di Indramayu, Jalan Terjal Demi Selamatkan Perempuan Muda

“Beberapa hari ini cuacanya sering mendung  dan dingin. Tadi siang sehabis jumatan, langit sudah gelap. Mendung,” katanya.

Sekitar pukul 13.00 saat mendung gelap tersebut tiba-tiba hujan lebat turun disertai angin kencang. Dan hujannya disertai butiran es.

“Guyuran butiran es tersebut menimbulkan bunyi bederak-derak berisik di atap. Seperti bunyi banyak batu kerikil disiramkan ke atap. Baru kali ini mengalami seperti  ini,” ujar Fajar.

Tidak hanya di atap, butiran es sebesar kelereng juga banyak yang mendarat di teras rumah bahkan masuk ke dalam warung, terjatuh di atas kursi dibawa angin kencang.

Angin kencang menyertai hujan lebat dan guyuran butiran es tersebut menurut Fajar berlangsung sekitar 15 menit.

Baca juga: Potensi Bencana Tinggi, Desa Giriasih KBB Lakukan Simulasi Evakuasi Bencana, Doni Ingin Jadi Budaya

Banyak pohon yang tumbang menimpa rumah warga. Terutama di Dusun Kopeng, Dusun Jaya Baru dan Dusun Karangpari Desa Karangpari.

Menurut Ketua FK Tagana Ciamis, Ade Waluya , akibat hujan lebat disertai angin kencang dan guyuran hujan es Jumat (12/3)  pukul i 15.00  tersebut telah menimbulkan kerusakan  setidaknya 24 di 4 desa. Yakni Desa Kiarapayung, Desa Karangpari, Desa Cileungsir dan Desa Bojong Gedang.

Terparah di Desa Karanpari, ada 12 rumah yang mengalami kerusakan.  Berikut di Desa Kiara payung (3 rumah), Desa Cileungsir (6 rumah) dan di Desa Bojonggedang 3 rumah serta 1 kandang ayam.

Dari 24 rumah yang terdampak angin kencang tersebut menurut Ade Walyua, 4 rumah rusak sedang dan 20 rumah rusak ringan.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.  Juga tidak ada yang sampai mengungsi, semua rumah masih bisa ditempati,” ujar Ade Waluya Jumat (12/3)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved