Pendidikan

Vaksinasi 6.000-an Guru Dimulai, KBM Tatap Muka di Ciamis Diharapkan Bisa Dimulai Juli

Dengan telah dimulainya vaksinasi terhadap 6.539 guru di Ciamis sejak Senin (8/3/2021) diharapkan KBM tatap muka bisa dimulai Juli nanti.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
KBM tatap muka di SMAN Tanjungkerta, Sumedang, beberapa waktu lalu. Di Ciamis, diharapkan KBM tatap muka dimulai Juli nanti. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dengan telah dimulainya vaksinasi terhadap 6.539 guru di Ciamis sejak Senin (8/3/2021) diharapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di Ciamis sudah bisa dimulai bulan Juli nanti.

“Vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan (TPK) sebagai tahapan akselerasi pembelajaran sudah dimulai. Diharapkan KBM tatap muka mulai Juli nanti bisa terlaksana,” ujar Plt Kadisdik Ciamis, Dr Asep Saeful Rahmat, kepada Tribun Jabar, Rabu (10/3/2021).

Namun, sampai saat ini di Ciamis belum ada sekolah (yang berada di bawah kewenangan Disdik Ciamis) yang sudah memulai KBM tatap muka.

Baca juga: Saat Perempuan yang Diduga PSK Ditemukan Tewas di Pematang, Seorang Pelanggan Datang Mau Menjemput

Baca juga: Mengenang Gempa Bumi di Masa Kecil: Kawah Candradimuka Bergolak dan Tanah Pun Berguncang

“Sesuai dengan Instruksi Bupati, KBM di Ciamis masih secara daring (online),” katanya.

Dengan dimulainya vaksinasi terhadap 6.539 orang guru (6.226 orang guru SD dan SMP, serta 313 guru TK) tersebut diharapkan tumbuh kekebalan di kalangan PTK sehingga pembelajaran tatap muka Juli nanti berjalan aman. Terhindar dari penularan Covid-19.

Menghadapi rencana KBM tatap muka tersebut, Disdik Ciamis menjelang akhir 2020 sudah melakukan verifikasi kesiapan sekolah untuk melakukan KBM tatap muka.

Sebanyak 54 tim diturunkan untuk melakukan verifikasi ke SD dan SMP yang ada di tiap kecamatan.

Tiap kecamatan ada dua tim verifikasi yang diturunkan mulai 28/12/2020.

Timnya terdiri dari K3S, MKKS, PGRI dan Puskesmas/Satgas Covid-19 tiap kecamatan.

“Hasil verifikasi masih berlaku. Memang dari hasil verfikasi tahap pertama tersebut masih ada sekolah yang belum siap,” ujar Asep.

Utamanya kesiapan di sekolah menyangkut sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan bila KBM tatap muka dilaksanakan.

Secara umum kesiapan pelaksanaan KBM tatap muka, tidak hanya menyangkut kesiapan satuan pendidikan (sekolah), tetapi juga kesiapan orang tua, serta adanya izin dari pemerintah setempat/Satgas Covid-19.

Ciamis memasuki awal Maret ini masih berada di zona oranye (risiko sedang) belum turun ke level kuning. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved