Breaking News:

Perbaiki Rutilahu, Sumedang Dapat Suntikan Data Rp 30 Miliar dari Pemprov Jabar

Pemerintah Kabupaten Sumedang mendapat suntikan dana sebesar Rp 30 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat

tribunjabar/hilman kamaludin
Perbaiki Rutilahu, Sumedang Dapat Suntikan Data Rp 30 Miliar dari Pemprov Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang mendapat suntikan dana sebesar Rp 30 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memperbaiki ribuan rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Kepala Dinas Perkim Provinsi Jawa Barat, Boy Iman Nugraha mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2021 ini mendapatkan bantuan untuk 2.020 unit rutilahu yang besumber dari bantuan Provinsi Jawa Barat. 

"Sebanyak 2.020 unit bantuan rutilahu ini tersebar di 56 desa dan kelurahan yang ada di 18 kecamatan," ujarnya saat Sosialisasi Penyaluran Bantuan Sosial Rutilahu dari Pemprov Jabar Tahun Anggaran 2021 di Aula Tampomas Setda Sumedang, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: PPKM di Kota Bandung Dinilai Polisi Turunkan Zona Merah Benarkah? Begini Analisisnya

Terkait bantuan tersebut, kata Boy, jumlah penerima bantuan rutilahu di setiap desanya bervariasi dengan jumlah ada yang 20 sampai 30 unit rumah.

Sementara untuk biaya setiap penerima bantuan Rutilahu tersebut, masing-masing  mendapatkan Rp 17,5 juta, sehingga jika diakumulasikan, biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 30 miliar.

"Nilai Rp 30 miliar tersebut diharapkan bisa menjadi stimulus pergerakan ekonomi di daerah," kata Boy.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, program bantuan untuk Rutilahu tersebut merupakan ikhtiar dari pemerintah untuk turut membantu masyarakat agar mendapatkan rumah yang layak huni sehingga pada akhirnya dapat menurunkan angka kemiskinan. 

"Saya berharap bantuan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, saya juga berharap adanya peran aktif dari masyarakat sekitar untuk turut serta menyelesaikan pembangunan rumah milik warga yang mendapatkan program Rutilahu," ujar Dony.

Baca juga: Berita Persib Bandung, Kata Nick Kuipers soal Piala Menpora 2021 dan Target Tim Asuhan Robert

Sementara untuk LPM, lanjut Dony, harus menjadi pemegang peran utama di lapangan, dalam arti harus betul-betul menggerakkan masyarakat untuk bergotong royong menyelesaikan rumah warga penerima bantuan Rutilahu tersebut.

"Laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya dengan niat ibadah. Taati aturan yang ada. Manfaatkan matrial lokal," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved