Breaking News:

Sempat Ketakutan, 250 Pedagang di Pasar Cipanas Cianjur Akhirnya Disuntik Vaksin Covid-19

Sebanyak 250 pedagang di Pasar Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sempat takut disuntik vaksin.

tribunjabar/ferri amiril mukminin
Sempat Ketakutan, 250 Pedagang di Pasar Cipanas Cianjur Akhirnya Disuntik Vaksin Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebanyak 250 pedagang di Pasar Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sempat takut disuntik vaksin.

Namun akhirnya mereka mengikuti setelah diyakinkan bahwa kabar yang ada di media sosial tak benar.

Ratusan pedagang ini menjalani vaksinasi dosis tahap pertama, Senin (8/3/2021) di ruang lobby lantai basement Pasar Cipanas.

Sebagian pedagang terlihat di kios atau losnya menunggu nomor antrean.

Baca juga: Adik yang Bunuh Kakak Ipar karena Berebut Warisan, Ditangkap Polisi 3 Jam Setelah Membunuh

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Dan Perdagangan (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur H Tohari Sastra mengatakan, pedagang Pasar Cipanas sempat merasa ketakutan untuk divaksin akibat adanya informasi kurang baik tentang vaksinasi dari media sosial.

“Memang sebelumnya, warga pasar merasa ketakutan akibat adanya informasi berita media sosial (medsos). Namun, Alhamdulilah setelah adanya sosialisasi dari para kepala pasar, petugas K5 dan tokoh pedagang pasar, mereka mengikuti vaksinasi yang dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Cipanas," kata Tohari di ruang lobby lantai basement Pasar Cipanas.

Berdasarkan hasil rapat kemarin, kata Tohari, pemerintah telah menyediakan sebanyak 250 vaksin bagi para pedagang pasar Cipanas.

Menurut Tohari, para pedagang harus segera mendapatkan vaksin karena sangat rawan terpapar. Meskipun jumlah kuota tersebut masih kurang, sebab total pedagang di Pasar Cipanas mencapai 1.300 orang lebih.

Tohari mengatakan, belum ada pedagang pasar yang terpapar Covid-19. Untuk itu, pasca vaksinasi diharapkan memang tidak ada pedagang yang terkonfirmasi positif.

Baca juga: Setelah Lima Hari Disuntik Vaksin Rekombinan, Begini yang Dirasakan Seorang Mahasiswa Unpad

“Mudah-mudahan saja tidak ada yang terpapar covid-19. Apalagi, sekarang sudah divaksin dosis tahap pertama, untuk mengikuti vaksinasi tahap kedua, dua minggu ke depan," katanya.

Kepala UPTD Pasar Cipanas Heru Haerul Hakim, mengatakan untuk memotivasi mereka, pihaknya memberikan hand sanitizer, masker, bubur kacang, dan telor matang secara gratis, agar terlihat lebih segar dan tidak lemas setelah divaksin.

"Bahkan banyak pedagang pasar yang asalnya menolak meminta divaksin hari ini. Namun, karena keterbatasan jumlah kuota vaksinasi terbatas, akhirnya tidak terlanyani semua," katanya

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved