Breaking News:

WASPADA, Virus Corona B117 Makin Gampang Menular, Terdeteksi di Karawang

Jalankan protokol kesehatan dengan benar, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas bisa meminimalisir risiko terpapar virus covid jenis baru terseb

TRIBUN JABAR / CIKWAN SUWANDI
Juru bicara satgas penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Rabu (3/3/2021). Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang terpapar varian virus corona asal Inggris atau varian B117. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNJAJBAR.ID, JAKARTA - Mutasi virus corona B 117 yang berasal dari Inggris sudah muncul di Indonesia. Masyarakat diminta tidak panik akan kemunculan strain baru virus corona tersebut.

Jalankan protokol kesehatan dengan benar, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas bisa meminimalisir risiko terpapar virus covid jenis baru tersebut.

"Tentunya penguatan 3M (protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Deteksi dini dengan penguatan testing, peningkatan pelacakan kasus dan isolasi," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam pernyataannya Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan, vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus itu.

Meski pemerintah sedang mempercepat vaksinasi, dia berharap masyarakat juga semakin meningkatkan kewaspadaan.

Siti Nadia menerangkan, satu-satunya cara untuk mencegah penularan virus adalah dengan protokol kesehatan 3M plus mengindari kerumuman dan membatasi mobilitas.

"Virus ini lebih cepat menular, tapi tidak menyebabkan bertambah parahnya penyakit," terang Nadia.

Sementara itu Epidemiolog Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada dr Riris Andono Ahmad juga mengatakan masyarakat harus merespons mutasi virus corona dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan.

"Tetap melakukan 5M dengan konsisten," ujar Riris.

Halaman
123
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved