Breaking News:

Siapa GothamChess? Master Catur Itu Viral Dikalahkan Dadang Subur Bapak-bapak Asal Indonesia

Siapa GothamChess? Sosok yang disebut-sebut sebagai master catur ini kini tengah menjadi sorotan publik.

DOKUMENTASI KOMPAS.COM
Ilustrasi. GothamChess merupakan seorang pemain catur yang kerap mengunggah permainan caturnya secara streaming di Twitch maupun di kanal YouTube. 

TRIBUNJABAR.ID - Siapa GothamChess? Sosok yang disebut-sebut sebagai master catur internasional ini kini tengah menjadi sorotan publik. Namanya dikatikan dengan nama akun Dewa Kipas di Chess.com.

GothamChess sendiri merupakan seorang pemain catur yang kerap mengunggah permainan caturnya secara streaming di Twitch maupun di kanal YouTube.

Namanya dikenal di Indonesia usai dirinya dikalahkan oleh seorang bapak-bapak bernama Dadang Subur, pemilik akun Dewa Kipas di Chess.com.

Berhasil mengalahkan GothamChess, Dadang justru mendapat banyak makian dari penggemar GothamChess dan akun di Chess.com justru diblokir.

Lantas, siapa GothamChess ini?

GothamChess sendiri memiliki nama asli Levy Rozman, seorang master catur kelas dunia.

Profil GothamChess, master catur internasional yang dikalahkan Dewa Kipas.
Profil GothamChess, master catur internasional yang dikalahkan Dewa Kipas. (Instagram/@gothamchess)

Selain ahli di bidang vatur, GothamChess juga merupakan seorang YouTuber yang memiliki 700.000 subcriber. Kanal YouTube-nya bahkan semakin diminati seiring naiknya popularitas serial Netflix The Queen’s Gambit.

GothamChess juga kerap melakukan streaming permainan caturnya di Twitch.

GothamChess merupakan pria kelahiran Brooklyn, New York, 5 Desember 1995. Di usianya yang ke-25 tahun, ia telah berhasil menjadi master catur internasional berkat permainan caturnya yang dimulai sejak usia 6 tahun.

Ia mengikuti turnamen setahun kemudian, yakni di usia 7 tahun.

Terbiasa bermain catur sejak kecil, GothamChess telah menempatkan permainan catur sebagai salah satu hal penting bagi hidupnya.

Hingga pada 2011, ia berhasil meraih gelar Master National melalui Federasi Catur AS. Kemudian ia mengikuti , FIDE Master tahun 2016 dan International Master pada 2018.

Sebagai seorang pecatur, GothamChess telah mendapat gelar International Master dengan Peak ELO (rangking keterampilan pecatur) sebanyak 2.421.

Selain seorang pemain catur, GothamChess juga bekerja sebagai pelatih catur selama 10 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas TV: https://www.kompas.tv/article/152440/profil-gothamchess-master-catur-internasional-yang-dikalahkan-pak-dadang-dewa-kipas?page=all

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved