Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Varian Virus Corona B117 Masuk ke Indonesia, Dua Pekerja Migran Asal Karawang Terpapar

Keduanya diketahui setelah Kemenkes melakukan whole genome sequencingnya Balitbang Kemenkes kepada para TKW yang sebelumnya menjalani isolasi

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Seli Andina Miranti
The Scotsman
Iliustrasi, Daftar Negara yang Sudah Terpapar Varian Baru Virus Corona, Lebih Cepat Menular 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang terpapar varian virus corona asal Inggris atau varian B117.

"Pertama adalah M (41) asal Kecamatan Lemahabang dan A asal Kecamatan Pedes. Keduanya merupakan PMI dari Arab Saudi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana kepada Tribun Jabar, Rabu (3/3/2021).

Fitra mengatakan, keduanya diketahui setelah Kemenkes melakukan whole genome sequencingnya Balitbang Kemenkes kepada para TKW yang sebelumnya menjalani isolasi di Pademangan, Jakarta.

Ia menceritakan, A pulang dari Arab Saudi pada 28 Januari dan M pulang pada 31 Januari ke Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, mereka dinyatakan positif Covid-19. Kemudian mendapatkan perawatan di Pademangan. Setelah dinyatakan negatif Covid-19, mereka baru pulang ke Karawang.

"Kemudian Kemenkes mengambil sampel untuk dilakukan whole genome sequencingnya dan hasilnya baru kemarin keluar dan ternyata merupakan virus varian B.1.1.7 asal Inggris," katanya.

Akan tetapi, Fitra memastikan varian virus asal Inggris tersebut telah mati. Karena, M dan A telah dinyatakan negatif sejak mendapatkan perawatan di Pademangan sebelum pulang ke Karawang. "Jadi virusnya sudah mati," katanya

Baca juga: Kronologi Insiden Toilet versi Dinda Shafay, Kopi Kenangan Merumahkan Sementara Karyawan Terkait

Baca juga: Sinetron Ikatan Cinta Disebut Makin Membosankan, Rating Turun, Siap-siap Dibungkus? Ini Kata Manajer

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved