Breaking News:

Setelah Sinovac, Kini Vaksin Rekombinan Uji Klinis di Kota Bandung, Seorang Mahasiswa jadi Relawan

Uji klinis fase III vaksin rekombinan dari produsen Anhui Zhifei Longcom Bipharmaceutical digelar hari ini di

Tribun Jabar
Setelah Sinovac, Kini Vaksin Rekombinan Uji Klinis di Kota Bandung, Seorang Mahasiswa jadi Relawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUBJABAR.ID, BANDUNG - Uji klinis fase III vaksin rekombinan dari produsen Anhui Zhifei Longcom Bipharmaceutical digelar hari ini di RSP Unpad, Jalan Eijkman, Kota Bandung.

Uji klinis itu dihadiri puluhan relawan yang siap disuntik vaksin Covid-19. Salah satunya Ilham ZR (23), mahasiswa Unpad. Dua pekan lalu, dia mendaftar untuk jadi relawan uji vaksin rekombinan.

Dulu, sebelum vaksin Sinovac digunakan, juga digelar uji klinis dengan menghadirkan para relawan. Ilham mengaku mendaftarkan diri untuk jadi relawan vaksin rekombinan.

"Motivasi saya ikutan vaksin ini karena rasa penasaran dengan mencoba vaksin yang sedang di ujicoba oleh Fakultas Kedokteran Unpad, terus kan sekarang indonesia sedang berupaya memerangi covid -19 dengan program vaksinasi juga," ucap Ilham ditemui di RSP UNPAD, Jalan Eijkman, Rabu (3/3/2021) sebelum penyuntikan.

Vaksin rekombinan dari Anhui ini jadi vaksin kedua setelah Sinovac yang akan sudah diuji klinis. Untuk uji klinis yang dikerjasamakan dengan Fakultas Kedokteran Unpad ini, membutuhkan dua ribu relawan.

Meski terbilang vaksin baru, Ilham mengaku tidak takut untuk disuntik. Sebelum memberanikan diri, dia membaca banyak referensi soal vaksinasi Covid 19.

Baca juga: Pandemi Covid Belum Usai, Pemerintah Tak Ingin Paksakan KBM Tatap Muka di Majalengka Kembali Digelar

"Kalau takut ngga sih kang, soalnya kan ini sebelum penyuntikan vaksin perserta di test mulai dari tensi darah,suhu badan, cek up, swab antigen dan lain-lain," ucap Ilham.

Tekad dia jadi relawan vaksin juga didorong oleh semangat supaya pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung satu tahun ini segera berakhir. Ia bahkan mengajak teman-temannya untuk jadi relawan vaksin.

"Dan saya juga ingin mengajak teman-teman, keluarga saya dan masyarakat untuk melakukan vaksin ini untuk memutus penyebaran covid-19 ini di indonesia," ucap dia.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved