Breaking News:

Sejak Awal Tahun 2021, 33 Bencana Alam Terjadi di Kota Sukabumi

Dari 33 bencana alam yang terjadi selama dua bulan tersebut, lanjut dia, paling banyak terjadi pada Januari

Tribun Jabar/ Fauzi Noviandi
Sejumlah petugas BPDB saat melakukan penagana banjir di ruas jalan di Kota Sukabumi. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Memasuki awal tahun 2021 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sebanyak 33 bencana yang terjadi selama priode Januari hingga Februari.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mengatakan, 33 prisitiwa bencana tersebut terjadi hampir diseluruh kecamatan.

"Peristiwa Bencana tercatat dari Januari hingga Februari 2021. Diantaranya terjadi di Kecamatan Cikole, Gunungpuyuh, Cibereum, dan Lembursitu," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Wulan Guritno Pernah Blak-blakan Cerita Sosok Adilla Seperti Apa, Singgung Soal Perilaku Sehari-hari

Dari 33 bencana alam yang terjadi selama dua bulan tersebut, lanjut dia, paling banyak terjadi pada Januari yaitu sebanyak 25 kejadian dan Februari mencapai 8 peristiwa.

"Berdasarakan data yang tercatat peristiwa kebakaran paling banyak terjadi yaitu mencapai delapan kejadian, kemudian cuaca ekstrem, tanah longsor dan banjir. Untuk peristiwa kebakaran rata-rata disebabkan konsleting listring," ucapnya.

Ia mengatakan, peristiwa becana alam selama periode Januari hingga Februari tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta.

"Dalam melakukan mitigasi kebencaan diwilayah Kota, kita terus berkoordinasi dan memantau prakiraan cuaca dari BMKG. Selain itu hingga saat ini Kota Sukabumi masih berstatus waspada hingga akhir Maret," katanya.

Baca juga: Soundtrack Ikatan Cinta Tanpa Batas Waktu Dibawakan Jemimah, Maia Estianty & Ari Lasso Tak Puas

Pihaknya mengimbau, masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan selama status kebencaan tersebut berlaku. Dan diminta untuk segera melapor apabila terjadi bencana atau hal yang tidak dinginkan agar bisa langsung tertangani.

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved