Breaking News:

2 Kasus Mutasi Virus Corona dari Inggris Sudah Ditemukan di Indonesia, Tantangan Makin Berat?

Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes) Dante Saksono mengonfirmasi, mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia.

Editor: Siti Fatimah
AFP PHOTO/CENTERS FOR DISEASE CONTROL AND PREVENTION/ALISSA ECKERT/HANDOUT
Ilustrasi Covid-19- Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes) Dante Saksono mengonfirmasi, mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 di dunia termasuk Indonesia belum berakhir. Bahkan hari ini, Selasa (2/3/2021) genap satu tahun kasus Covid-19 pertama ditemukan di Indonesia.

Namun belum selesai pandemi Covid-19, disebutkan mutasi baru virus corona sudah ditemukan di sejumlah negara.

Bahkan virus ini juga disebutkan sudah masuk ke Indonesia.

Baca juga: Beri Sanksi Tegas untuk yang Positif, Tes Urine Dadakan di Mapolresta Tasik, Kejutkan Anggota

Kondisi ini tentu perlu menjadi perhatian berbagai pihak terutama dalam upaya pencegahan karena mutasi ini dikabarkan lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Dilansir dari Kompas.Com, Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes) Dante Saksono mengonfirmasi, mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia.

Dante mengatakan, sudah ditemukan dua kasus Covid-19 dengan mutasi virus corona tipe B.1.1.7 tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Rina Gunawan Meninggal Dunia, Manajer Sebut Teddy Syah akan Beri Keterangan

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi", Selasa (2/3/2021).

Dante mengatakan, masuknya mutasi virus corona dari Inggris ini akan membuat tantangan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 semakin berat.

Oleh sebab itu, kata dia, dibutuhkan riset dan model penanganan yang lebih baik.

Baca juga: VIDEO-Sebuah Ruangan di Gedung Kartika Sari Dago Terbakar, Pegawai Berhamburan Keluar

"Mudah-mudahan kolaborasi yang kita kerjakan dari masyarakat, Kementerian Kesehatan dan Kemenristek/BRIN itu akan membuat hal positif yang akan membuat kita keluar dari pandemi ini," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, varian baru B.1.1.7 ini diketahui lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wamenkes: Ditemukan 2 Kasus Mutasi Virus Corona dari Inggris di RI",

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved