Breaking News:

Gempa Bumi

Zona Patahan Menyebar di Indonesia, Potensi Tejadi Gempa, Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mitigasi

Indonesia memiliki zona patahan yang menyebar di berbagai wilayah dan zona ini bisa saja menghasilkan aktivitas yang berpotensi menyebabkan gempa.

Tribun Bali
ilustrasi - Wilayah Lombok, Bali, dan Sumbawa diguncang gempa tektonik berkekuatan 6,4 SR, Minggu (29/7/2018) pukul 06.47 Wita. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kita kerap kali mendengar istilah patahan atau sesar yang disebut berpotensi terjadi gempa bumi. Sebenarnya apa itu patahan?  Apakah benar patahan bisa memicu terjadinya gempa?

Dikutip dari wikipedia, dalam geologi, Sesar atau patahan adalah fraktur planar atau diskontinuitas dalam volume batuan, di mana telah ada perpindahan signifikan sebagai akibat dari gerakan massa batuan.

Sesar-Sesar berukuran besar di kerak bumi merupakan hasil dari aksi gaya lempeng tektonik, dengan yang terbesar membentuk batas-batas antara lempeng, seperti zona subduksi atau sesar transform.

Baca juga: Persiapan Menghadapi Gempa Bumi, Perhatikan Tata Letak Barang-barang Ini yang Ada di Rumah

Energi yang dilepaskan menyebabkan gerakan yang cepat pada sesar aktif yang merupakan penyebab utama gempa bumi.

Dikutip dari Unpad.Ac.iD, terjadinya dua gempa besar di wilayah Lombok dengan rentang waktu yang berdekatan beberapa waktu lalu merupakan kasus geologi yang spesial.

Ini menunjukkan aktivitas geologi di Indonesia sangat dinamis dan bisa saja terjadi di hampir seluruh wilayah.

Dosen Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Dr. Dicky Muslim, M.Sc., menjelaskan, dikatakan spesial karena menyebabkan dua gempa besar terjadi secara berdekatan.

Secara geologi, ini disebabkan adanya aktivitas tumbukan antar lempeng dalam satu wilayah patahan.

Dr. Dicky mengatakan, pusat gempa yang berada di wilayah perairan utara Lombok ini berada pada jalur patahan naik Flores (Flores Thrust).

Baca juga: Tsunami Setelah Gempa Bermagnitudo 8,8, 76 Gempa Susulan, Inilah yang Terjadi di Cile pada 2010

Berbeda dengan jalur patahan di Samudera Hindia yang memanjang mulai dari Aceh hingga Timor, jalur patahan yang memanjang dari Lombok hingga Flores ini memiliki kedalaman yang dangkal.

Halaman
1234
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved