Breaking News:

Menjelang Bulan Puasa, PMI Ciamis Kebut Kegiatan Donor Darah, Kerap Kekurangan Darah

Bulan puasa bagi PMI Ciamis selalu identik dengan panceklik stok persediaan darah. Mengingat selama bulan puasa

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ichsan
tribunjabar/andri m dani
Menjelang Bulan Puasa, PMI Ciamis Kebut Kegiatan Donor Darah, Kerap Kekurangan Darah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Bulan puasa bagi PMI Ciamis selalu identik dengan panceklik stok persediaan darah. Mengingat selama bulan puasa nyaris tidak ada kegiatan sosial donor darah.

“Sementara kebutuhan jalan terus. Ada tidak ada, harus ada. Rata-rata setiap hari dibutuhkan 30 labu darah bahkan kadang lebih. Atau sebulan kebutuhan mencapai 900 sampai 1.200 labu darah,” ujar Wakil Ketua PMI Ciamis Ganjar M Yusuf kepada Tribun pada kegiatan aksi donor darah di Pool PO GR di Pamalayan Ciamis, Senin (1/3).

Kebutuhan rutin yang harus ada tersebut adalah kebutuhan darah untuk 120 orang penderita talasemia di Ciamis. Tiap orang penderita talasemia, setiap bulan butuh 1 atau 2 labu darah.

Belum lagi kebutuhan darah untuk kebutuhan bedah di rumah sakit. Seperti operasi bedah kecelakaan, operasi caesar, kanker maupun cuci darah (haemodialisa).

Baca juga: Durian Subang, Cita Rasa Khas Amis Tiis dan Dagingnya Pulen, Banyak Ditemui di Jalancagak

Stok darah yang tersedia di UTD PMI Ciamis per jam 12.00 Senin (1/3) sebanyak 111 labu darah. Dan 34 labu darah diantaranya sudah terpesan terutama untuk penderita talasemia dan operasi bedah.

Dan selama masa pendemi Covid-19 ini juga sangat jarang ada kegiatan donor darah. Termasuk di perkantoran dinas dan sekolah-sekolah maupun komonitas.

“Makanya pada bulan Maret ini PMI Ciamis berharap ada berbagai kegiatan donor darah. Pertengahan April sudah puasa. Meski sekarang masa pandemi, tetapi kebutuhan darah tetap jalan. Tinggal bagaimana melaksanakan aksi donor darah dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.  

Mengantisipasi terjadi kelangkaan (panceklik) persedian darah selama bulan puasa nanti, Bupati Ciamis sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Ciamis, perkantoran, ormas, OKP, komunitas lainnya untuk melukan aksi donor darah.

Baca juga: Mata Hampir Buta Disembur Bisa Ular Kobra, Kisah Petugas Damkar Kuningan Ini Bikin Merinding

”Alhamdulillah, surat edaran Bupati tersebut ada yang sudah merespon. Respon pertama hari ini PO GR melaksanakan donor darah berikut komunitas KPM PKH di Panjalu juga hari ini,” ujar Ganjar.

Manajer Operasional PO Gapuraning Rahayu (GR), M  Fadli mengakui bahwa kegiatan donor darah yang berlangsung di lobby kantor Pool PO GR di Pamalayan Senin (1/3) merupakan kegiatan  pertama kali yang digelar selama sejarah PO GR.

“Ini kegiatan donor darah yang pertama bagi PO GR. Mudah-mudahan ke depan bisa dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian,” ujar M Fadli.

Sasaran yang menjadi target donor darah Senin (1/3) tersebut menurut Fadli adalah karyawan perusahaan berikut kru armada (sopir, kernet maupun montir).

“Ke depan kami juga akan melibatkan penumpang, Mudah-mudahan pandemi segara berlalu. Dan aktivititas mobilitas penumpang kembali pulih,” ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved