Breaking News:

Jalan Asia Afrika Ditutup, Pelantikan 5 Kepala Daerah di Gedung Merdeka Terbatas

Lima pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 di Jawa Barat dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ichsan
tribunjabar/syarif abdussalam
Jalan Asia Afrika Ditutup, Pelantikan 5 Kepala Daerah di Gedung Merdeka Terbatas 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lima pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 di Jawa Barat dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2).

Mereka adalah Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih, yakni Cellica Nurrachadiana - Aep Syaepuloh, Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi terpilih, yakni Marwan Hamami - Iyos Somantri, serta Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih, yakni Nina Agustina - Lucky Hakim.

Kemudian dilantik juga Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih yakni Jeje Wiradinata - Ujang Endin Indrawan, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok terpilih, yakni Mohammad Idris - Imam Budi Hartono.

Pelantikan di Gedung Merdeka ini dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Tamu yang hadir dalam pelantikan tersebut sangat terbatas, di antaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Forkopimda Jabar, para pasangan kepala daerah terpilih dan keluarganya.

Baca juga: Warga Indramayu Diminta Waspada, Debit Air Sungai Cimanuk Pagi Ini Semakin Tinggi

Sedangkan, Forkopimda dan pejabat tingkat kabupaten dan kota yang kepala daerahnya dilantik menyaksikan pelantikan dari daerahnya masing-masing. Begitu pun wartawan, tidak diperkenankan masuk dan hanya bisa mengakses melalui siaran digital di https://youtu.be/iX0EEF0rAOU.

Selama pelantikan, Jalan Asia Afrika ditutup untuk kelancaran mobilitas peserta pelantikan. Sedangkan di sekitar gedung merdeka, warga dan pejabat pengantar pasangan yang akan dilantik ini duduk di pinggiran trotoar sambil menonton siaran langsung melalui ponsel masing-masing.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq, mengatakan kelima jabatan kepala daerah di lima daerah tersebut sudah habis pada 14 Februari 2021. Dengan demikian, pelantikan kepala daerah terpilih pun dapat segera dilakukan.

Sedangkan tiga daerah yang mengikuti Pilkada 2020 di Jabar, belum bisa melaksanakan pelantikan. Sebab, di Kabupaten Cianjur, masa jabatan bupati dan wakil bupatinya baru berakhir 23 Mei mendatang. Sedangkan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya, sengketa hasil pilkadanya masih diproses.

"Dari delapan daerah itu, minus Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Tasikmalaya. Lima daerah lainnya akan dilantik di Gedung Merdeka jam 09.00 WIB, Jumat (26/2). Berarti yang baru dilantik itu Indramayu, Depok, Karawang, Sukabumi, dan Pangandaran," kata Endun melalui ponsel, Kamis (25/2).

KPU sendiri, katanya, sudah menyelesaikan tahapan-tahapan Pilkada 2020 di lima daerah tersebut. Paling terakhir adalah menetapkan calon terpilih dan memberikan berita acara berupa surat keputusan kepada DPRD. Kemudian DPRD mengusulkan ke pemerintah daerah, kemudian ke Gubernur Jabar.

Baca juga: Sebuah Rumah Rusak Berat Tertimpa Pohon Asem Tumbang di Indramayu, Kini Melintang di Jalan

Endun mengatakan pihak yang diundang dalam pelantikan tersebut sangat terbatas, yakni jajaran di level provinsi dan lima pasangan yang dilantik. Sedangkan muspida kabupaten dan kota tetap di daerah masing-masing menonton lewat siaran digital.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Setiaji, mengatakan pelantikan tersebut akan digelar di Gedung Merdeka dengan membatasi tamu undangan demi melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Karawang, Sukabumi, Pangandaran, Depok, Indramayu. Rencananya lima kepala daerah dilantik di Gedung Merdeka," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved