Breaking News:

Cap Go Meh 2021, Ini Fakta-fakta Menarik Seputar Perayaan Cap Go Meh, Apa Bedanya dengan Imlek?

Perayaan Cap Go Meh 2021 jatuh tanggal 26 Februari 2021. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai perayaan tersebut.

Istimewa
Ilustrasi: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mendorong pemerintah kota dan kabupaten berinovasi membuat event unik untuk pasar skala nasional. Gelaran Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020. 

TRIBUNJABAR.ID - Perayaan Cap Go Meh 2021 jatuh tanggal 26 Februari 2021. Masyarakat Tionghoa akan melakukan perayaan sebagai penutupan perayaan Tahun Baru Imlek yang tidak kalah meriahnya dari saat pergantian tahun terjadi.

Mengutip buku “Hari-Hari Raya Tionghoa” yang ditulis oleh Marcus A.S terbitan Suara Harapan Bangsa, Cap Go Meh juga disebut sebagai pesta Goan Siauw atau hari lahirnya Roh Yang Memerintahkan Bumi dan Langit (Siang Goan Thian Koan).

Cap Go Meh diserap dari Bahasa Hokkian, yang artinya 'Cap' berarti sepuluh, 'Go' berarti lima, sedangkan 'Meh' berarti malam.

Penyebutan ini merujuk pada waktu penyelenggaraan acara yang memang diselenggarakan pada penanggalan 15 kalender China.

Di China nama perayaan ini adalah Yuan Xiao atau Shang Yuan.

Di Barat, festival ini disebut Lantern Festival (Festival Lampion atau Chinese Valentine's Day ( Hari Kasih Sayang versi China).

Apa beda Imlek dan Cap Go Meh?

Imlek dirayakan dengan sembahyang ke kelenteng untuk memanjatkan doa keselamatan dan keberkahan.

Kemudian dilanjutkan dengan berkumpul dan makan bersama keluarga.

Sedangkan saat Cap Go Meh, orang-orang membawa persembahan berupa kue keranjang dan melakukan sembahyang untuk mengucap syukur dan memohon keselamatan.

Halaman
1234
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved