Breaking News:

VIDEO Pesona dan Keindahan Alami Curug Mandala, Hidden Gem di Kabupaten Subang

Kabupaten Subang memang menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang menyajikan destinasi wisata menarik. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Shania Septiana
TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Kabupaten Subang memang menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang menyajikan destinasi wisata menarik. 
 
Selain wisata sejarah dan budaya, banyak destinasi wisata alam di Kabupaten Subang yang akan memanjakan waktu perjalanan liburan anda dan keluarga. 
 
Salah satunya yaitu Curug Mandala yang menyajikan pesona dan keindahannya.
Air yang jernih dan segar dengan pemandangan hijau di Curug Mandala akan mendamaikan jiwa dan pikiran. Refresh kepenatan jiwa, rasa bosan dan jenuh dengan menikmati alam yang indah di Curug Mandala.
 
Dikelilingi pepohonan yang rimbun, membuat suasana Curug sangat sejuk dan teduh. 
Walaupun tinggi air terjun tidak seberapa, tapi suara aliran air di tengah hutan dapat memberikan ketenangan. 
 
Belum lagi pemandangan alam di sekitar curug sangat indah. Curug yang dikenal dengan keindahan alamnya ini, disebut-sebut sebagai The Secret Amazing Waterfall
 
Ada pula perkebunan teh yang terhampar luas sepanjang perjalanan menuju Curug Mandala. Keunikan lain dari curug ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat.
Lokasi Curug Mandala Panaruban berada di Kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater.
 
Alamat lengkapnya terletak di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
 
Rute menuju Curug Mandala Panaruban ini sama seperti hendak menuju ke tempat Pemandian Air panas Ciater, namun bedanya sebelum tugu pemandian tersebut pengunjung harus mengarahkan kendaraanya ke kiri.
 
Setelah itu pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan menuntunmu menuju Curug Mandala. Akses menuju curugnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.
 
Tiket masuk masuk ke Curug Mandala Panaruban ini sangat murah sekali, hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu per orang.
 
Fasilitas yang tersedia di area Curug Mandala Panaruban terdiri dari:
Area parkir yang cukup luas, toilet, warung makanan dan minuman, gazebo atau saung sederhana, mushola, area camping.
 
Berikut tips wisata yang saya bagikan untuk kamu yang hendak menuju Curug Mandala Panaruban, yakni:
 
Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat, gunakan alas kaki yang nyaman untuk menyusuri jalan yang masih berupa tanah, bawalah baju ganti atau peralatan lainnya jika berniat untuk mandi, berhati-hatilah ketika menapaki tebing batu dan waktu menyusuri jalan menuju Curug Mandala bagian bawah, jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Mandala Panaruban, hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Mandala Panaruban.
 
Destinasi wisata alam Curug Mandala sendiri buka setiap hari dengan operasional wisata 24 jam. Sehingga anda bisa menikmati keindahan dari Curug Mandala sepuas hati bersama teman, sahabat dan orang tercinta. (*)
Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul VIDEO Pesona dan Keindahan Alami Curug Mandala, Hidden Gem di Kabupaten Subang, https://jabar.tribunnews.com/2021/02/23/video-pesona-dan-keindahan-alami-curug-mandala-hidden-gem-di-kabupaten-subang.
Penulis: Shania Septiana
Video Editor: Wahyudi Utomo
Penulis: Shania Septiana
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved