Breaking News:

Pak Uu Sebut Pembuangan Sampah ke Sungai hingga Penambangan Ilegal Menjadi Penyebab Banjir di Jabar

Pihaknya enggan menyalahkan masyarakat, tetapi untuk saat ini Uu mengajak semua pihak untuk sama-sama mencari solusi

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui di Gedung Negara Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan adanya bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah di Jawa Barat penyebabnya karena berbagai faktor.

Menurut Uu, penyebab banjir tersebut di antaranya yakni adanya pembuangan sampah ke saluran air, sungai, penyempitan dan pendangkalan saluran air di perumahan, hingga adanya alih fungsi hutan.

"Dari hutan tegakan menjadi hutan produksi, kemudian adanya pembangunan di tempat yang awalnya banyak tumbuhan," ujarnya saat ditemui di Gedung Negara Sumedang, Rabu (23/2/2021).

Selain itu, kata Uu, adanya penambangan ilegal yang sporadis, tidak ada batasan, tidak memakai aturan, dan tidak memakai dana reklamasi juga menjadi salah satu penyebab banjir di berbagai wilayah.

Menurutnya, jika penambangan tersebut dilakukan secara legal, maka dipastikan akan memenuhi aturan seperti kedalaman penambangannya yang dibatasi.

"Oleh karena itu, supaya Jawa Barat tidak semakin tinggi frekuensi dan kuantitas bencana yang hari ini semakin banyak dan juga semakin besar volumenya, maka kita harus berfikir harus cinta lingkungan," kata Uu.

Dalam hal ini, pihaknya enggan menyalahkan masyarakat, tetapi untuk saat ini Uu mengajak semua pihak untuk sama-sama mencari solusi atas adanya bencana yang sudah terjadi di Jawa Barat.

Baca juga: Desa Miliader, Warga Ramai-Ramai Beli Mobil dan Motor, Bupatin Kuningan; Wajar-Wajar Saja

"Termasuk di dalamnya para penambang ilegal, coba berhenti kalau tidak memiliki izin yang jelas dari pihak pemerintah," ujarnya.

Namun, terkait hal ini Uu enggan menyebutkan lokasi penambangan ilegal yang menyebabkan banjir tersebut, tetapi dalam hal ini pihaknya memastikan sudah melihat diberbagai tempat.

"Bencana pun diberbagai macam tempat, jadi saya tidak ingin menentukan dimana tempatnya, tapi apa yang menjadi penyebabnya bencana yang saya sampaikan tadi, mari kita sadari, dan mari kita hentikan gerakan yang akan menimbulkan bencana di Jawa Barat ini," kata Uu.

Baca juga: Ini Kronologi Dugaan Pesta Miras Oplosan di Kota Tasik, Campurkan 3 Bahan, Makan Korban Dua Nyawa

Baca juga: Warga Meninggalkan Rumah Akibat Longsornya Tanggul Sungai Cipunegara Indramayu, Bingung Mau Kemana

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved