Breaking News:

Karang Taruna Bina Karya dan Pemdes Bersihkan Susukan Gede

Kedepannya sungai yang sangat kotor oleh tumpukan sampah tersebut akan dikelolanya agar menjadi destinasi wisata sungai

Istimewa
Para Pengurus Karang Taruna Bina Karya berfoto bersama Kepala Desa Sindangkasih, Kepala Desa Wanasigra, Anggota DPRD Kab. Ciamis Faraksi PKS H. Uus Rusdina dan warga. 

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ke-6

TRIBUNJABAR.ID Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ke-6, Karang Taruna Bina Karya Sindangkasih Ciamis bersama Pemerintah Desa setempat menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di susukan gede, di Dusun Kalapanunggal, Desa/Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Minggu (21/02/2021).

Ketua Karang Taruna Bina Karya Dedi Syaefullah didampingi Pembinanya H. Bambang Kenharto, mengatakan, kegiatannya tersebut dibangun dengan niat yang ikhlas untuk menjaga lingkungan yang dilakukan secara gotong-royong bersama masyarakat setempat untuk meningkatkan kebersamaan dan menjaga kekompakan dalam hal menjaga kebersihan.

Menurut Dedi latar belakang kegiatan ini, disebabkan perilaku masyarakat masih membuang sampah ke susukan gede, terjadinya pendangkalan susukan gede dan penumpukan sampah, area pesawahan sebelah selatan apabila kemarau kekurangan air sehingga sering gagal panen bahkan terkadang tidak bisa ditanami padi, belum tersedianya tempat penampungan sampah. Selain itu, susukan gede ini bersebelahan dengan dua desa yakni Dusun Kalapanunggal dan Desa Wanasigra yang telah memiliki destinasi wisata dan Situs Gandoang yang perlu di jaga kelestariannya.

“Dimulai dengan niatan ikhlas, Kami melakukan pengelolaan sampah dan normalisasi susukan gede Dusun Kalapanunggal, Desa Sidangkasih Kabupaten Ciamis, dalam rangka mewujudkan lingkungan sekitar rumah tinggal maupun sungai/irigasi susukan gede yang sehat dan bersih dari sampah. Sekaligus, menyadarkan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan merubah prilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di susukan gede.

Semoga dengan kegiatan ini, bisa menggugah masyarakat, dalam menjaga kebersihan lingkungan, tertib dan teratur, peningkatan kesehatan dan dampak ekonomi,” jelas Dedi.

Dedi menambahkan, kedepannya sungai yang sangat kotor oleh tumpukan sampah tersebut akan dikelolanya agar menjadi destinasi wisata sungai, sehingga sungai bisa terawat dan ekonomi masyarakat terbangun.

Pembina Karang Taruna Bina Karya  H. Bambang Kenharto bersama anggota usai bersihkan sampah disusukan gede Dusun Kalapanunggal Ciamis
Pembina Karang Taruna Bina Karya H. Bambang Kenharto bersama anggota usai bersihkan sampah disusukan gede Dusun Kalapanunggal Ciamis (Istimewa)

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas support dan perhatian Kepala Desa Sindangkasih Bapak Rusta Suganda dan Kepala Desa Wanasigra Yudi Wahyudi, atas terselenggaranya acara ini. Semoga tidak hanya seremoni saja, tapi ada tindak lanjut kedepan program ini untuk menjaga kelestarian susukan gede dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Kepala Desa Sindangkasih, Rusta Suganda senada dengan Kepala Desa Wanasigra, Yudi Wahyudi, menyebutkan program normalisasi Susukan Gede ini sudah direncanakan sejak lama, namun belum juga bisa terealisasi karena beberpa kendala.

“Alhamdulillah dimotori Karang Taruna Bina Karya, program normalisasi susukan gede ini dapat terlealisasi melalui gotong royong dan swadaya masyarakat. Kami, memberikan apresiasi dan sangat mendukung kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Semoga lingkungan kita lestari dan bersih serta terhindar dari bencana banjir saat musim hujan,” tutur Rusta.

Anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari Fraksi PKS H. Uus Rusdiana bersama warga mendorong gerobak sampah
Anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari Fraksi PKS H. Uus Rusdiana bersama warga mendorong gerobak sampah (Istimewa)

Hal senada juga dikatakan anggota DPRD Ciamis Fraksi PKS, H. Uus Rusdiana yang hadir dalam kegiatan tersebut, memberikan apresianya pada Karang Taruna Bina Karya.

“Program ini harus menjadi program unggulan Kabupaten Ciamis, dan menjadi contoh bagi Karang Taruna yang lain, sehingga Ciamis bisa bersih dan terkelola sampahnya dengan baik serta adanya program pemberdayaan masyarakat sekitar untuk meningkatkan  perekonomian,” pungkasnya.

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved