Breaking News:

Ridwan Kamil: Sungai Cisangkuy Disodet, Kamasan Bandung Tidak Banjir Lagi, ''Jangan Takabur''

Ridwan Kamil mengatakan, ada upaya yang sudah selesai 100 persen untuk menangani banjir, yakni penyodetan Sungai Cisangkuy di Kabupaten Bandung.

Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Pemandangan banjir di Kampung Kamasan, Desa/Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu. Banjir ini akibat meluapnya Sungai Cisangkuy. Ridwan Kamil mengatakan, ada upaya yang sudah selesai 100 persen dilakukan untuk menangani banjir, yakni penyodetan Sungai Cisangkuy di Kabupaten Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pemerintah sudah dan sedang melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi banjir di Jabar, seperti di Karawang dan Bekasi.

Ridwan Kamil mengatakan, ada upaya yang sudah selesai 100 persen dilakukan untuk menangani banjir, yakni penyodetan Sungai Cisangkuy di Kabupaten Bandung.

Sungai Cisangkuy merupakan anak Sungai Citarum.

Baca juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum ; BBWS Harus Segera Perbaiki Tanggul di Bekasi Secara Permanen

Baca juga: Kisah di Balik Viralnya Ibu Salat Tahajud di Atas Kasur saat Rumah Kebanjiran

Luapan Sungai Cisangkuy ini kerap merendam sejumlah perkampungan di Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

"Sungai Cisangkuy yang tadinya ke Sungai Citarum dan bikin banjir, hari ini Cisangkuy sudah belok ke Citarum tapi tidak melewati permukiman," ucap Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Senin (21/2/2021).

"Itu akan diresmikan nanti dan jadi contoh penanganan banjir yang sudah 100 persen."

Kang Emil menyebut ada sejumlah proyek penanganan banjir yang belum selesai, seperti Bendungan Sadawarna di Sungai yang memanfaatkan Sungai Cipunagara.

"Bendungan Sadawarna baru 50 persen. Kalau sudah selesai, banjir di Subang tidak akan kejadian lagi, tapi tentunya kita enggak boleh takabur. Yang bisa kami janjikan adalah mengurangi," kata dia.

Kang Emil menyebut proyek bendungan di Bogor juga sudah lebih dari 50 persen progres pembangunannya.

Lalu di Bekasi, yang saat ini sedang banjir, juga sedang digarap proyek bendungan.

"Kali Bekasi misalkan itu tiga proyeknya sudah dimulai, itu bisa dimulai awal tahun dan dua ruasnya sedang pembebasan, jadi apa upaya penanganan."

"Tadi saya sudah sampaikan, semua sedang dikerjakan, ada yang baru dimulai dan ada yang sudah 50 persen dan ada yang sudah 100 persen. Kita sebagai pemerintah tidak tinggal diam, semua upaya harus dilakukan," ucap Ridwan Kamil. (*)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved