Breaking News:

Pemkot Sukabumi Optimalkan TPS3R dan Bank Sampah, Mampu Perpanjang Usia TPA Sampah

Proses TPS3R tersebut akan diawali dengan penetapan pengurus, edukasi warga memilah sampah, mengangkut sampah yang telah terpilah oleh petugas.

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Pemkot Sukabumi akan melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mengoptimalkan keberadaan TPS3R atau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) dan Bank Sampah.

Hal tersebut dalam upaya menekan produksi sampah dan memperpanjang usia tempat penambungan (TPA) sampah.

"Untuk mengurangi sampah, kami maksimalkan upaya TPS3R dan bank sampah," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (21/2/2021).

Program TPS3R tersebut, lanjut dia, didorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan Bank Sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan juklak dan pelatihan untuk aktivasi.

"Kita tunggu arahan, juklak maupun pelahatihan yang lainnya dari kementrian terkait tersebut," ucapnya.

Fahmi mengatakan, proses TPS3R tersebut akan diawali dengan penetapan pengurus, edukasi warga memilah sampah, mengangkut sampah yang telah terpilah oleh petugas.

Baca juga: Tembok Penahan Tebing di Panjalu Ciamis Runtuh, Tiga Rumah Warga Terancam

"Nantinya TPS3R itu akan mengelolah sampah organik jadi kompos budidaya maggot, dan memilah sampah untuk didaur ulang. Setelah itu residu diangkut ke TPS," ucapnya.

Dirinya mengatakan, apabila program tersebut berjalan dengan lancar maka akan memperpanjang usia TPS Kota Sukabumi yang selama ini sudah digunakan selam beberapa tahun terkahir.

"Jika dilakukan dengan baik, sehingga benar-benar mampu memperpanjang usia TPA sampah. Usia TPA yang kalau diprediksi hanya sampai 2023 saja dan kalau diperpanjang harus sesuai alur TPS3R," ucapnya.

Baca juga: Wajib Diketahui! Ini 9 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi, Jangan Dulu Panik

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved