Breaking News:

Dampak Covid-19, Penerbangan Pesawat di Bandara Husein Sastranegara Bandung Minus Hingga 67%

Pandemi Covid-19 berdampak pada tingkat penggunaan jasa angkutan pesawat di Bandara Husein Sastranegara Bandung yang turun drastis hingga minus 67%

Tribun Jabar/Siti Fatimah
Pandemi Covid-19 berdampak pada tingkat penggunaan jasa angkutan pesawat di Bandara Husein Sastranegara Bandung yang turun drastis hingga minus 67% 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Suasana Bandara Husein Sastranegara Bandung terlihat sepi pengunjung.Tidak banyak penumpang yang datang di pintu kedatangan domestik.

Beberapa penumpang tampak harus mengisi data yang dibutuhkan sebelum keberangkatan dan menjalani test rapid, antigen hingga test PCR yang tersedia.

Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara, R. Iwan Winaya Mahdar mengatakan penerbangan pesawat di Bandara Husein Sastranegara memang menurun drastis.

Baca juga: Kaget, Warga Cikadang Sukabumi Temukan Jari dan Rambut Putih Saat Sedang Gali Tanah

"Penurunan terjadi hingga -67% dari sejak sebelum pandemi Covid-19. Seperti contoh pada bulan Januari ada 35.450 penumpang, padahal target kami itu di angka 70ribuan penumpang," ujar R Iwan saat ditemui di Bandara, Jumat (19/2/2021).

Ia mengatakan sebelum pandemi, ada sekira 50-60 kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Namun kini jumlahnya begitu rendah, yaitu 15 saja, 7 datang dan 8 pesawat yang berangkat.

Baca juga: Terdampak Pembangunan Waduk, Uang Ganti Rugi Dibeli Sawah Oleh Warga, Ada yang Kompak Beli Kendaraan

“Angka tertinggi di bulan Januari ada penerbangan 30. Pada Bulan Februari ini sampai tanggal 18 ada 24, 12 datang 12 berangkat,” ujarnya.

Untuk saling mendukung dan membantu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Angkasa Pura juga membuat program Padat Karya.

Padat Karya ini adalah melibatkan 100 masyarakat dari kelurahan sekitar untuk mebantu masyarakat memberikan pekerjaan sementara.

Baca juga: Pasien Rumah Sakit di Karawang Kabur Gara-gara Ruangan Terendam Banjir Setinggi Dada

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin berharap Program Padat Karya di Bandara Husein Sastranegara ini dapat membantu masyarakat sekitar untuk memperoleh pendapatan.

"Selain itu, program ini juga bertujuan membuat sarana dan prasarana di bandara lebih rapi dan siap di tengah musim penghujan ini," ujarnya.

Sinergi di sektor penerbangan,kata Awaluddin sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan, harus selalu ditingkatkan untuk mendukung masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Warga Tuban Jawa Timur Ramai-ramai Beli Mobil Baru, Bos Pertamina Rosneft Malah Prihatin

Sementara itu warga Cicendo, Oke Koswara (60) mengaku merasa terbantu dengan adanya proram Padat Karya seperti ini.

Ia menceritakan di masa pandemi ini, teman-teman sesusianya yang berumur diatas 40 tahun sudah sulit mencari pekerjaan baru.

"Sehari-hari saya bekerja serabutan, saya berharap ada lagi program seperti ini dari pihak manapun karena kami merasa terbantu," ujarnya.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved